Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Kemasan Sedehana Rata-rata Rp14 Ribu Per Liter

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Kemasan Sedehana Rata-rata Rp14 Ribu Per Liter

Ilustrasi minyak goreng curah.--Fajar.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengeklaim harga minyak goreng curah kemasan sederhana saat ini sudah berada pada angka Rp14.000 per liter di seluruh Indonesia.

Pernyataan itu dia sampaikan saat memimpin kegiatan pengiriman minyak goreng kemasan sederhana ke wilayah timur Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara, dikutip dari ANTARA, Kamis, 11 Agustus 2022.

(BACA JUGA:Ngaku Pengusaha Minyak Goreng, Belasan Korban Rugi Ratusan Juta Rupiah, Wanita Ini Ditangkap Polisi)

"Alhamdulillah rata-rata nasional sudah Rp14.000 per liter. Di Jawa dan Bali minyak curah atau kemasan sederhana rata-rata Rp13.000 per liter. Sedangkan, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sebagian harganya Rp14.000, bahkan ada yang Rp13.500 per liter," kata Zulkifli.

Ia mengungkapkan harga minyak goreng kemasan sederhana yang kini masih terbilang tinggi hanya ada di wilayah timur Indonesia, yakni Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua dengan harga berkisar Rp17.000 sampai Rp19.000 per liter.

Menurutnya, ongkos logistik yang mahal menjadi penyebab masih tingginya harga minyak goreng kemasan di beberapa wilayah tersebut.

(BACA JUGA:Zulhas Bagikan Minyak Goreng Gratis ke Warga Miskin)

"Oleh karena itu diperlukan bantuan intervensi. Saya terima kasih kepada Menteri Perhubungan, kita pakai jalur tol laut. Dengan (tol laut) ini, maka transportasi (minyak goreng) itu menjadi lebih ringan," ujar Zulkifli.

Kementerian Perdagangan hari ini telah mengirimkan 1,3 juta liter minyak goreng kemasan sederhana ke wilayah timur Indonesia untuk menstabilkan harga terkhusus di daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Kupang, Merauke, dan Timika.

Zulkifli berharap kegiatan yang dilakukan hari ini dapat menjadikan harga minyak goreng curah di wilayah timur Indonesia menjadi Rp14.000 per liter.

(BACA JUGA:Cek Distributor Minyak Goreng Curah, Disperindag Tangerang: Stok Aman, Per Hari Ini Saja Ada 40 Ton!)

Pemerintah memproduksi minyak goreng kemasan sederhana dengan merek dagang MinyaKita agar bisa terdistribusi hingga ke warung-warung kelontong, pasar tradisional, minimarket, hingga supermarket di seluruh Indonesia.

MinyaKita merupakan merek dagang yang dimiliki Kementerian Perdagangan dan telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia.

BUMN Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah dalam memproduksi dan mendistribusikan komoditas pangan ke seluruh daerah di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: