Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Mandiri di Rumah, Ini Anjuran Dokter

Cara Mengatasi Penyakit Gondok secara Mandiri di Rumah, Ini Anjuran Dokter

Sakit Leher, Image oleh oleh Barbora Hnyková dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penyakit gondok adalah ketika muncul benjolan pada leher dan diikuti dengan rasa sakit.

Penyakit gondok sendiri disebabkan oleh masalah pada kelenjar tiroid. Ketika kelenjar tiroid membesar, maka inilah yang dikenal orang dengan gondok.

Penyakit gondok sendiri disebabkan oleh kekurangan yodium, sebagaimana sudah sering dijelaskan kala kita masih di sekolah dasar dulu.

(BACA JUGA:Cara Mengatasi Sakit Leher akibat Terlalu Lama di Depan Komputer)

Namun bukan hanya karena kekurangan yodium, penyakit gondok dapat disebabkan oleh kebiasaan orang mengkonsumsi makanan yang mengandung goitrogen.

Kacang kedelai, brokoli, bayam, kubis, sawi, kacangan tanah adalah beberapa jenis makanan yang mengandung zat goitrogen yang dimaksud.

Selain karena itu, beberapa jenis penyakit juga bisa menjadi penyebab orang mengalami penyakit gondok.

“Penyakit graves (kondisi penyakit kelenjar tiroid terlalu aktif dalam memproduksi hormon tiroid), penyakit autoimun dan sebagainya,” kata dr. Andisty Ate seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Sementara untuk mengatasi gondok secara mandiri di rumah, mereka yang kena penyakit gondok, atau jika ada keluarga yang gondokan, bisa mencoba tips berikut ini.

“Mengonsumsi makanan yang beryodium seperti ikan laut, kerang, rumput laut, garam beryodium, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi, hindarilah menggunakan obat obatan bebas tanpa anjuran dokter ya,” saran dr. Andisty Ate.

dr. Andisty Ate juga menambahkan jika kondisi memburuk, ditandai dengan gondok yang semakin membesar, napas sesak, diare, gelisah dan susah buang air besar, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak ke rumah sakit.

Penyebab Leher Sakit dan Pegal

Anda memiliki keluhan leher yang terasa sakit dan pegal. Sudah beruapaya mengganti jenis bantal yang digunakan, keluhan Anda akan hal ini tidak juga hilang.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan keluhan leher sakit dan pegal, jika bukan disebabkan penggunaan bantal yang salah?

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa, keluhan leher sakit dan pegal ini, dapat dipengaruhi oleh posisi tidur, jenis bantal dan aktivitas harian.

Selain ini, salah memilih jenis olahraga, selan masalah pada struktur tulang belakang, dapat menyebabkan leher sakit dan pegal.

Pada kasus yang berbeda, penyebab leler sakit dan pegal ini, bisa juga disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dan kolesterol tinggi, meski pada orang tertentu hal ini tanpa gejala.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: