Cara Mengatasi Sakit Leher akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Cara Mengatasi Sakit Leher akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

Nyeri Leher, Image oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kebanyakan dari kita berurusan dengan komputer jika bicara urusan pekerjaan. Bermala-lama di depan layar adalah aktifitas yang sudah tidak asing lagi dilakukan manusia modern saat ini.

Namun yang tidak disadari banyak orang juga, adalah efek duduk lama-lama di depan komputer terhadap kesehatan leher.

Adapun penyebab nyeri atau sakit leher akibat duduk terlalu lama di depan komputer menurut ahli, via Alodokter, adalah akibat postur duduk yang tidak baik.

(BACA JUGA:Penyebab Leher Sakit, Pegal-pegal dan Cara Mengatasinya)

Gak cuma itu, terbatasnya gerakan leher di sepanjang hari, juga stres yang berkumpul dapat memicu keluhan seperti sakit leher.

Untungnya, sakit leher bukanlah tanpa solusi, karena jika saja Anda tau caranya, keluhan seperti sakit leher akibat terlalu lama duduk di depan komputer, bukan lagi sebuah masalah.

Berikut agar terhindar dari sakit leher saat Anda harus berlama-lama di depan komputer, yang bisa dipraktekan dalam keseharian Anda:

1. Posisi dan jarak duduk

Pastikan jarak duduk Anda tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dari layar komputer, dengan jarak setidaknya sepanjang satu lengan.

2. Sempatkan waktu untuk perenggangan

Renggangkan otot leher di sela-sela waktu Anda bekerja, jangan sampai tidak sama sekali.

3, Manajemen stress

Seperti disebut di atas, stress dapat menyebabkan ketegangan pada otot, memicu rasa nyeri leher yang mengganggu. Anda bisa me-manage stres Anda sembali mendengarkan musik favorit Anda, atau luangkan waktu untuk berkeliling kantor sejenak.

4. Kompres dingin

Kompres air dingin selama 20 menit diklaim dokter baik untuk meredangan nyeri dan radang yang terjadi di area leher.

5. Tidur terlentang

Di malam harinya, tidurlah yang cukup, dan posisikan tidur Anda dengan cara terlentang, atau miring ke salah satu sisi dengan topangan bantal.

6. Minum paracetamol

Paracetamol adalah salah satu obat Pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran, dan dianjurkan untuk meredakan nyeri pada leher.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: