Zaki Pukul Gong, Kabupaten Tangerang Jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit ke-20

Zaki Pukul Gong, Kabupaten Tangerang Jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit ke-20

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat melaunching CSS XX Expo 2022.--

TANGERANG, FIN.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, melaunching kegiatan City Sanitation Summit (CSS) XX Expo yang akan dihelat pada 6-8 September 2022 mendatang.

City Sanitation Summit atau CSS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) membahas berbagai isu sanitasi.

(BACA JUGA:Banyak Lulusan Pilot Belum Kerja, Elfi Amir Siap Jembatani Industri Penerbangan Tanah Air)

CSS ke-20 akan digelar pada 6-8 September 2022, berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang selaku tuan rumah.

Launching kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, di Aula Pendopo Bupati, Jumat 29 Juli 2022.

"Kita akan menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XX Expo. Ini bukan hanya musyawarah, tetapi juga eksebisi, Expo. Kita akan promosikan semua yang menyangkut dengan sanitasi masyarakat," kata Zaki.

Nantinya, pada kegiatan City Sanitation Summit itu Pemkab Tangerang akan mempromosikan berbagai program sanitasi masyarakat kepada anggota AKKOPSI lainnya.

(BACA JUGA:Kenapa Pemakaman Pertama Brigadir J Tak Diproses Secara Kedinasan, Ini Kata Kompolnas)

Mulai dari sanitasi berbasis sekolah (Sanisek), sanitasi berbasis pondok pesantren (Sanitren), instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal, hingga air minum perpipaan dari PDAM.

"Semua yang mendukung program dari 100 persen sanitasi, baik, bersih, aman, untuk masyarakat. Termasuk pembangunan WC (water closet) pada program bedah rumah dan lain sebagainya," tuturnya.

"Jadi program Gebrak Pakumis secara umum program Gerbang Mapan juga kita ikut sertakan (promosikan)," sambungnya

Diungkapkan Zaki, Pemkab Tangerang sebetulnya ingin menjadikan program Sanisek, Sanitren, dan Ipal Komunal, bisa diaplikasikan di daerah-daerah yang lain.

(BACA JUGA:PSI Sindir Anies Soal Angka Putus Sekolah di Jakarta: Gubernurnya Mantan Menteri Pendidikan, Mau Nyapres Pula)

Mengingat, penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri itu berasal dari faktor sanitasi yang tidak baik. Maka dari itu, program sanitasi untuk masyarakat perlu menjadi prioritas pembangunan daerah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: