Jasa Marga Dinobatkan Sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai Dalam Ajang Banksasuci Award

Jasa Marga Dinobatkan Sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai Dalam Ajang Banksasuci Award

Jasa Marga dinobatkan sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai yang penghargaannya secara langsung diserahkan oleh Direktur Banksasuci Foundation Ade Yunus, dan diterima oleh Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad--

 

JAKARTA, FIN.CO.ID -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan dalam ajang  Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Award yang diselenggarakan dalam Festival Sungai Tahang, Tangerang, pada Selasa malam 27 Juli 2022.

Dalam ajang tersebut Jasa Marga dinobatkan sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai yang penghargaannya secara langsung diserahkan oleh Direktur Banksasuci Foundation Ade Yunus, dan diterima oleh Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division Irra Susiyanti.

(BACA JUGA:Semester I-2022, Jasa Marga Catat Peningkatan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata Sebesar 19,03 Persen)

Penghargaan ini diperoleh atas kontribusi yang telah diberikan oleh Jasa Marga dalam program pengelolaan sampah dan limbah di sekitar Sungai Cisadane yang melintas di bawah Jalan Tol Jakarta-Tangerang, yang dikelola oleh Jasa Marga. Berkolaborasi dengan Banksasuci Foundation, Banksasuci sendiri merupakan wilayah binaan Jasa Marga yang diarahkan untuk mengelola sungai secara terintegrasi.

Di kesempatan berbeda, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, pengembangan wilayah Banksasuci yang masuk dalam program “Giving Back To Nature” tersebut dilakukan dengan memelopori penanaman pohon untuk mengurangi polusi, mengelola keberagaman hayati yang berada di bantaran sungai, dan mengelola sampah yang didapat dari Sungai Cisadane.

“Penghargaan ini juga sebagai bentuk nyata dari komitmen Jasa Marga dalam pelestarian lingkungan hidup melalui program-program CSR yang turut memberdayakan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, Jasa Marga juga berkolaborasi dengan BUMN lainnya dalam pengembangan Banksasuci sehingga program ini dapat dijalankan secara berkelanjutan. Tidak hanya sekedar dibangun, namun terus dipelihara dan dijaga ke depannya,” ujar Lisye,

Program pengembangan wilayah Banksasuci ini berawal dari pembinaan komunitas Jasa Marga sejak tahun 2015, yaitu Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci. Di lokasi tersebut, Jasa Marga mengembangkan kawasan botani dengan menanam pohon buah dan tanaman bunga untuk menjaga keanekaragaman hayati dan pembangunan serta perbaikan jogging track.

(BACA JUGA:Jasa Marga Lakukan Spin Off Divisi Regional Trans Jawa, Ini Tujuannya)

Selain itu, terdapat Gudang Rezeki yang merupakan pengelolaan sampah plastik dengan alat modern dengan sistem press untuk didaur ulang. Untuk masyarakat sekitar yang juga membutuhkan sarana dan fasilitas pendidikan, Banksasuci juga menyediakan sarana belajar khusus PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). 

Kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti flying fox, wall climbing, amphitheater dan penambahan speed boat_ yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menyeberangi Sungai Cisadane.

 

 

Sumber: