Semester I-2022, Jasa Marga Catat Peningkatan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata Sebesar 19,03 Persen

Semester I-2022, Jasa Marga Catat Peningkatan Volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata Sebesar 19,03 Persen

Ilustrasi - Lintas Harian Rata-Rata ruas tol Jasa Marga Grup-Istimewa-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia sebesar 19,03 persen pada periode Semester I-2022, jika dibandingkan dengan LHR periode Semester I-2021, yaitu dari 2,7 juta menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.

 

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group.

(BACA JUGA:Jasa Marga Lakukan Spin Off Divisi Regional Trans Jawa, Ini Tujuannya)

 

“Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I-2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi," ujar Lisye dalam keterangan tertulisnya, Rabu 27 Juli 2022. 

 

Lisye mengungkapkan, salah satu faktor peningkatan LHR di Semester I-2022 adalah diberlakukannya kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

 

"Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 s.d H2) mencapai 1,69 juta kendaraan naik 32,8 persen dari lalu lintas normal dan 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 s.d H+7) naik 42,7 persen dari lalu lintas normal,” ungkapnya. 

 

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester I-2022 antara lain Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan/hari, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan 443 ribu kendaraan/hari dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan/hari.

(BACA JUGA:Jasa Marga Divestasi 40 Persen Sahamnya di Tol MBZ, Tujuannya Untuk Optimalisasi Portofolio)

 

“Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol. Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder,” pungkas Lisye.

 

Jasa Marga juga menghimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

 

Sumber: