Ini Jurus Pemkab Tangerang Optimalkan Lulusan SMK Agar Siap Kerja

Ini Jurus Pemkab Tangerang Optimalkan Lulusan SMK Agar Siap Kerja

Disnaker Kabupaten Tangerang Berikan Pembinaan ke BKK yang Ada di SMK se-kabupaten Tangerang-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang membuat langkah tepat mengantisipasi angka pengangguran.

Langkah yang dilakukan adalah memberi pembinaan ke Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di seluruh SMK di daerah itu dengan tema "D'Naker Goes To School". 

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan, pembinaan terhadap peran BKK tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan penyaluran tenaga kerja. 

(BACA JUGA:Izin Operasi PT SMS Steel Tangerang Dicabut Disnakertrans Provinsi Banten, Ditemukan Tungku Peleburan...)

(BACA JUGA:Bagi Warga Tangerang yang Ingin Vaksin Booster, Berikut Cara Cek Jadwal Gerai Vaksinasi Covid-19)

Nantinya, penempatan kerja bagi para alumni SMK di Kabupaten Tangerang baik formal maupun informal, dapat dilakukan secara maksimal dengan pemberian materi-materi seputar dunia kerja melalui BKK.

"Ini juga sebagai upaya link and macth antara dunia pendidikan dan dunia industri," kata Rudi kepada FIN.CO.ID, Selasa 27 Juli 2022.

Dia menjelaskan, pembinaan melalui D'Naker Goes To School itu saat ini diberikan kepada para pengurus BKK melalui rayon masing-masing.

(BACA JUGA:Fenomena Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Tangerang Ditarget Rampung 2025 )

Melalui program ini juga nantinya para pengurus BKK dapat memberikan laporan-laporan secara lengkap dan detail kepada Disnaker untuk dapat melakukan peningkatan terhadap peyerapan tenaga kerja khususnya dalam menekan angka pengangguran.

"Saat ini pembinaan dilakukan kepada para pengurus BKK nya dulu, tapi nanti kita akan berikan pembinaan juga kepada siswa di kelas 12 SMK agar mereka siap ketika memasuki dunia kerja," ujarnya.

Selain itu, diungkapkan Rudi, pembinaan melalui program D'Naker Goes To School itu juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja di dunia industri.

Mengingat alumni SMK merupakan para siswa yang memang dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja.

"Ini juga untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja karena kan lulusan SMK memang dipersiapkan untuk siap pakai di dunia kerja," katanya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: