Manfaat Daun Sirih Merah, Mulai dari Atasi Keputihan hingga Pereda Nyeri Haid

Manfaat Daun Sirih Merah, Mulai dari Atasi Keputihan hingga Pereda Nyeri Haid

Daun Sirih Merah, Image oleh Maya A. P dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bicara soal masalah kewanitaan, maka tidak hanya satu dua masalah yang dihadapi kaum wanita dalam menjalani hidup mereka.

Sebut saja masalah keputihan, munculnya bau tak sedap dan gatal-gatal di area kewanitaan, hingga masalah nyeri haid adalah beberapa di antaranya.

Namun taukah Anda jika beberapa masalah di atas ini ternyata bisa di atasi memanfaatkan daun sirih merah.

(BACA JUGA:Apa Normal jika Keluar Flek Coklat di Luar Siklus Menstruasi?)

Menurut studi yang dirilis pada jurnal the effect of using red betel leaves (piper crocatum) for vaginal discharge among fertile age women (faw), via Halodoc, air rebusan daun sirih merah efekfif dalam mengatasi keputihan.

Dengan merebus 3-4 lembar daun sirih merah, dengan takaran dua gelas air, dan direbus 10 hingga 15 menit, diminum dengan suhu normal, air rebusan daun sirih merah punya benefit yang dimaksud di atas.

Terkait bau tak sedap yang dikeluarkan oleh Miss V, air rebusan daun sirih merah ini, digunakan dalam suhu normal, dapat mengatasi kondisi yang disebabkan oleh Bacterial vaginosis itu.

Namun ingat, penggunaannya tidak bisa dalam jangka panjang. Jika tidak kunjung membaik, maka konsultasi ke dokter spesialis sangatlah dianjurkan.

Nyeri haid disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin, menyebabkan kontraksi pada bagian bawah perut. Air rebusan daun sirih di campur dengan kunyit akan mampu membantu meredakan nyeri haid yang tidak menyenangkan.

Pantangan yang Harus Disadari agar Haid Lancar

Emosional
Ketika emosi menguasai diri, maka hindarilah dengan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca atau beristirahat.

Malas Olahraga
Menurut pendapat ahli, berolahraga saat menstruasi justru dapat membantu mereka dengan keram menstruasi, mengurangi rasa nyeri akibat datang bulan.

Minum Minuman Beralkohol dan Berkafein
Mereka yang haid memerlukan kualias tidur yang baik. Minuman berlakohol dan berkafein hanya akan berdampak pada masalah tidur, berujung perubahan mood yang drastis.

Kurang Istirahat
Kurang lebih efeknya seperti di atas. Mereka yang kurang istirahat saat haid berpotensi memperburuk kondisi nyeri dan keram menstrualnya.

Intim dengan Pasangan
Meski tidak dilarang, namun intim saat haid dapat meningatkan risiko penyakit menular s*ksual seperti HIV, dan potensi kehamilan. Tetap gunakan pengaman, jika memang harus melakukannya.

Malas Ganti Pembalut
Mereka yang haid dianjurkan ganti pembalut setiap 3 hingga 6 jam sekali, atau tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Tujuannya adalah menghindari pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Makan Sembarangan

Ketika terjadi perubahan hormon saat haid, wanita cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Sebenarnya tidak masalah, asalkan tetap memerhatikan kalori dan kandungan nutrisinya. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama haid, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya serat, seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian atau gandum utuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: