Pasangan Prabowo-Puan Berpotensi Besar Menangi Pilpres 2024 Satu Putaran

Pasangan Prabowo-Puan Berpotensi Besar Menangi Pilpres 2024 Satu Putaran

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Puan Maharani dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.-Khanif Lutfi-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Duet Prabowo Subianto dan Puan Maharani berpotensi menang di Pilpres 2024 satu putaran. 

Berdasarkan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research pasangan Menteri Pertahanan Prabowo dan Ketua DPR Puan Maharani memperoleh tingkat keterpilihan  51,8 persen.  

Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan pasangan Prabowo-Puan terlihat sangat mendominasi dalam survei skenario-skenario pasangan capres-cawapres.

(BACA JUGA:Hasil Survei Poltracking: Keinginan Masyarakat ke Calon Pasangan Ganjar-Erick di Pilpres 2024 Sudah Bulat)

"Pasangan Prabowo-Puan yang didukung oleh koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra paling potensial untuk memenangi Pilpres 2024, dari sejumlah skenario pasangan capres-cawapres yang mungkin terbentuk dan diusung oleh koalisi partai-partai politik," katanya, Kamis, 14 Juli 2022.

Dijelaskannya, pada skenario pertama, terbentuk empat pasang capres dan cawapres). Dalam hal ini PDI Perjuangan maju sendirian. 

PDI Perjuangan merupakan satu-satunya parpol yang memenuhi syarat mengusung capres/cawapres tanpa perlu berkoalisi.

(BACA JUGA:Hasil Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Melejit, Prabowo dan Anies Ketinggalan)

Hasilnya, skenario pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Puan hanya menduduki urutan ketiga dengan elektabilitas 23,8 persen, di bawah Gubernur DKI Jakarta Anies-Panglima TNI Andika (31,5 persen) dan Prabowo-Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (25,4 persen).

"Jika PDI Perjuangan dan Gerindra mengusung pasangan capres-cawapres masing-masing, Anies berpeluang unggul," kata Vivin.

Meskipun demikian, selisih elektabilitas ketiga skenario hanya terpaut 2-6 persen, atau terdistribusi secara hampir merata. Jauh di bawah ketiganya adalah pasangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (8,9 persen), yang mungkin diusung oleh koalisi Golkar dan Demokrat.

Dalam skenario ada tiga pasangan capres-cawapres, Prabowo-Puan unggul telak mencapai 43,5 persen, jauh meninggalkan Ganjar-Erick (27,2 persen) dan Anies-Andika (23,0 persen).

"Prabowo-Puan diusung oleh koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra, sedangkan Ganjar-Erick mungkin diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu dan Anies-Andika oleh koalisi antara NasDem, PKS, dan Demokrat," kata Vivin.

Berikutnya adalah skenario dua pasangan capres/cawapres, Prabowo-Puan (51,8 persen) juga menang melawan Anies-Andika (33,4 persen). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: