Telkomsel Akan Segera Menonaktifkan Sinyal 3G

Telkomsel Akan Segera Menonaktifkan Sinyal 3G

Ilustrasi: HP Android--(Image Credit: Pexels)

SURABAYA, FIN.CO.ID -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate telah melontarkan permintaan kepada seluruh operator untuk menghapus sinyal 3G.

Sebagai upaya mematuhi aturan yang telah ditetapkan, operator telekomunikasi seluler PT Telkomsel akan segera menonaktifkan sinyal 3G di Jawa Timur.

(BACA JUGA:Samsung Galaxy Watch Series Bakal Adopsi Fitur Apple Watch)

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti mengatakan, pihaknya meminta pelanggan 3G di Jatim segera bermigrasi ke layanan 4G.

Riny menuturkan, kepada pelanggan 3G untuk dapat segera menukarkan kartu SimCard mereka ke GraPARI Telkomsel terdekat.

"Dengan demikian, penggunaan frekuensi oleh operator seluler dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat," kata Riny dalam siaran persnya, Rabu, 13 Juli 2022.

Ia menjelaskan Telkomsel sejak akhir Maret 2022 telah mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten/kota secara bertahap di Jawa dan Bali, dan ditargetkan sampai akhir tahun ini sinyal 3G Telkomsel tuntas dinonaktifkan.

(BACA JUGA:Nokia T10, Tablet Murah yang Bakal Jadi Pesaing Amazon Fire)

"Di Jatim, kami terus secara masif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan ke 4G. Mereka yang masih menggunakan gawai 3G juga harus segera mengganti dengan gawai 4G karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan gawai 4G," katanya.

Riny mengatakan, penonaktifkan secara permanen dijadwalkan mulai tanggal 20 Juli 2022 sebagai upaya perluasan pemerataan layanan 4G, kemudian dipastikan tidak akan tersedia kembali jaringan atau sinyal 3G di Jatim.

"Sebelum tanggal itu, akan ada proses penonaktifan 3G di beberapa kota, seperti Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Pamekasan," kata dia.

Untuk jadwal pengalihan layanan, kata dia, dapat diakses melalui laman Telkomsel, sebab prosesnya secara kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

(BACA JUGA:Nokia Ditunjuk Pimpin Pengembangan Teknologi 6G)

Untuk itu, kata Riny, Telkomsel sebagai BUMN akan mendorong kemudahan pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat gawai 4G yang terjangkau.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: