Meski Melampaui Target, Bulog Akan Terus Serap Beras Petani

Meski Melampaui Target, Bulog Akan Terus Serap Beras Petani

Ilustrasi - Stok Beras di Gudang Bulog--

CIREBON, FIN.CO.ID -- Meski sudah melebihi target penyerapan, Bulog pastikan akan terus menyerap beras petani.

Kepala Pimpinan Kantor Cabang Bulog Cirebon, Jawa Barat Budi Sultika mengatakan, saat ini sudah melebihi target penyerapan.

(BACA JUGA:Jelang Iduladha, Bulog Gelar Pasar Murah)

"Meski sudah melebihi target, kami pastikan akan terus menyerap beras petani ketika harga jatuh," kata Budi, Selasa, 12 Juli 2022.

Menurut Budi, saat ini pihaknya telah menyerap beras petani sebanyak 40 ribu ton setara beras, dan telah melebihi target yang ditetapkan oleh kantor pusat yaitu 38 ribu ton.

Budi mengatakan meskipun telah melebihi target, namun Bulog Cirebon akan terus menyerap beras petani, apabila harga jatuh dan di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

Penyerapan tersebut merupakan upaya Bulog dalam rangka mempersiapkan cadangan pangan dalam negeri yaitu 1,2 juta ton secara nasional.

(BACA JUGA:Bulog Jamin Stok Beras Aman, Cukup Hingga Enam Bulan)

"Secara nasional cadangan beras harus 1,2 juta ton, dan kami akan ikut memenuhi target nasional. Karena Cirebon ini merupakan salah satu lumbung padi," ujarnya.

Budi mengatakan pencapaian target penyerapan itu hanya dilakukan oleh Bulog Cirebon dalam waktu enam bulan atau satu semester. Karena kata Budi, produksi padi atau beras di wilayah kerjanya yang meliputi Kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan cukup tinggi.

Bahkan rerata daerah tersebut setiap tahunnya mengalami surplus, sehingga untuk mencapai target itu tidak butuh waktu lama.

"Daerah di sini itu produksinya banyak, dan penyerapan kami hanya beberapa persen saja," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: