Satgas Penanggulangan Pengangguran Pemkab Bekasi Bentuk Dua Tim, Ini Tugas dan Fungsinya

Satgas Penanggulangan Pengangguran Pemkab Bekasi Bentuk Dua Tim, Ini Tugas dan Fungsinya

PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Sebanyak 3.000 lowongan pekerjaan akan tersedia bagi warga ber-KTP Kabupaten bekasi dari hasil MOU Satgas Penanggulangan Pengangguran Pemerintah dengan 61 perusahaan swasta.

Menurut PJ Bupati Dani Ramdan, nantinya terdapat dua tim dari satgas yang akan melayani jalannya program tersebut diantaranya Tim Koordinasi penanggulangan pengangguran dan tim daerah revitalisasi pelatihan dan pendidikan vokasi.

(BACA JUGA:Bekasi Siapkan 3.000 Lowongan Kerja Buat Warganya)

Nantinya, tim koordinasi penanggulangan pengangguran akan fokus terhadap penempatan para calon tenaga kerja untuk di wilayah Kabupaten Bekasi maupun di luar wilayah.

“Tim ini nanti motor penggeraknya Disnaker, Apindo dan Forum HRD. Tim ini akan berfokus dalam rangka memantapkan visi kompetensi, baik teknis dan soft skill termasuk aspek mental dan budaya kerja,” ujar Dani Ramdan dalam keterangannya, Senin 11 Juli 2022.

Untuk tim daerah revitalisasi pelatihan dan pendidikan vokasi, kata dia, akan berfokus terhadap kesenjangan calon tenaga kerja dengan kompetensi yang diminta. 

Maka itu, lanjutnya, akan ada peningkatan kapasitas tenaga kerja di wilayah Kabupaten Bekasi melalui pelatihan.

(BACA JUGA:Fadli Zon Sindir Kenaikan Harga BBM dan Listrik dengan Parodikan Lagu Naik-naik ke Puncak Gunung)

“Tim ini dipimpin oleh Disdik, lebih fokus mengisi gap (Kesenjangan) kompetensi calon tenaga kerja. Melalui ini kita mendorong peran lembaga pelatihan dan pendidikan jalur sekolah maupun tidak, dalam rangka meningkatkan kapasitas tenaga kerja di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Suhup, berharap dengan adanya pelatihan kompetensi nanti dapat semakin banyak tenaga kerja yang bisa diserap menjadi karyawan oleh perusahaan yang sudah bekerjasama.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan dan pemagangan dan dilihat kompetensinya oleh perusahaan-perusahaan, pekerjaannya baik, saya berharap perusahaan selanjutnya mengangkatnya sebagai karyawan tetap.” jelasnya.

Ia juga memastikan akan ada ribuan warga ber-KTP Kabupaten Bekasi yang akan direkrut oleh perusahaan, setelah penandatanganan MOU.

(BACA JUGA:Momen Bahagia Saat Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Sembelih Hewan Kurban)

“Sudah 61 perusahaan yang ber-MoU, dan dua bulan kedepan kita akan merekrut sebanyak kurang lebih 3.000 calon tenaga kerja dari wilayah Kabupaten Bekasi,” tutupnya. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: