Perbedaan Iduladha, MUI Tangerang: Tak Kaget, Bukan Hal yang Baru, Masyarakat Sudah Cerdas

Perbedaan Iduladha, MUI Tangerang: Tak Kaget, Bukan Hal yang Baru, Masyarakat Sudah Cerdas

Ilustrasi - Salat Idulfitri atau Iduladha-ist-net

TANGERANG, FIN.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang, Banten akan mengikuti hasil sidang Itsbat Kementerian Agama.

Hasil sidang Isbat Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah bertepatan pada Minggu, 10 Juli 2022.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang KH Nur Alam Jaelani, menanggapi pertanyaan wartawan soal perbedaan waktu hari raya kurban tahun 2022 di masyarakat.

(BACA JUGA:Aturan Salat Iduladha di Tangerang Kapasitas 50 Persen, Dilarang Takbir Keliling)

"Salat Iduladha tetap 1 kali, dan MUI mengikuti hasil sidang istbat Kemenag bahwa 1 Dzulhijjah  jatuh pada Jumat 1 Juli 2022 dan Iduladha hari Ahad 10 dzulhijjah/10 juli 2022," katanya kepada FIN.CO.ID, Jumat 8 Juli 2022.

Meski demikian, menurut dia, perbedaan Ijtihad dalam penetapan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Iduladha ini bukan hal yang baru bagi masyarakat. 

Termasuk di Kabupaten Tangerang perbedaan Ijtihad ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Yang mana, masyarakatnya yang religius sudah cerdas dalam menghadapi perbedaan seperti ini.

(BACA JUGA:Ini Pesan Bupati Tangerang untuk Para Camat dan MUI Saat Iduladha Nanti...)

"Selalu tetap menjaga persatuan, kesatuan dan ukhuwah islamiyah," ucapnya

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat diwawancara belum lama ini mengatakan, para camat dan dan para ketua MUI di Kabupaten Tangerang diimbau untuk membantu warga dalam melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah.

Kata Zaki mengingat, saat ini Covid-19 masih ada, para camat dan ketua MUI diminta untuk memfasilitasi penyediaan perlengkapan protokol kesehatan. 

Seperti masker, handsanitizer (sanitasi tangan), hingga desinfektan.

Dalam pelaksanaan kurban, Zaki mengimbau, masyarakat diminta untuk tetap disiplin dalam menerapkan prokes.

"Covid-19 masih ada kepada seluruh masyarakat saat pelaksanaan kurban dan hari raya Idul Adha untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tetap waspada dan jaga kesehatan," pungkasnya. Rikhi Ferdian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: