Jokowi dan Zelenskyy Saling Bertemu, Bicarakan Pentingnya Ukraina Bagi Pangan Dunia

Jokowi dan Zelenskyy Saling Bertemu, Bicarakan Pentingnya Ukraina Bagi Pangan Dunia

Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjabat tangan di Istana Negara Kyiev pada Kamis (30/6/2022)-@jokowi-Twitter

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. 

Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Joko Widodo ke Ukraina. Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ungkap Presiden Zelenskyy.

Usai pertemuan itu, Presiden dan Ibu Negara Iriana kembali ke Polandia menggunakan kereta api cepat luasar biasa yang ditumpangi sebelumnya.

Presiden Jokowi dan rombongan menuju Polandia dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat. Mereka menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: