Puasa Dzulhijjah Kapan? Ini Keutamaan Puasa Tarawiyah dan Arafah

Puasa Dzulhijjah Kapan? Ini Keutamaan Puasa Tarawiyah dan Arafah

Masjid Nabawi di Madinah-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID- Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Zulhijjah 1443 Hijriah. Berdasarkan kalender umum, Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. 

Di dalam bulan Dzulhijjah terdapat hari-hari istimewa bagi umat muslim yaitu Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, pada saat itu umat Islam juga dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah 9 hari, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah. 

Lalu tanggal berapa mulai puasa 9 hari Zulhijjah? Jika merujuk kalender umum yang telah beredar, maka puasa 9 hari Dzulhijjah bisa dimulai pada tanggal 30 Juli hingga 8 Juli 2022. 

(BACA JUGA:Sebelum Idul Adha, 800 Ribu Hewan Ternak Selesai Divaksinasi)

Meskipun demikian, umat muslim masih harus menunggu sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag) pada Rabu, 29 Juni 2022.

Puasa Zulhijjah mempunyai keutamaan. Berdasarkan hadis riwayat  Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Tidak ada amal yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih baik daripada yang dilakukan pada sepuluh hari ini para sahabat bertanya, ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya." (HR. Bukhari). 

(BACA JUGA:Metode Puasa Air Bantu Tubuh Pangkas Lemak, Jantung Jadi Sehat)

Sementara itu, puasa Tarawiyah bisa dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau dua hari sebelum Idul Adha. Yakni pada Kamis 7 Juli 2022.

Keutamaan puasa Tarawiyah yaitu menghapus dosa dua tahun. Hal ini berdasarkan dalil hadis riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda:

"Puasa pada hari tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun”.

Sementara puasa Arafah merupakan puasa yang dilakukan satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah atau tanggal 8 Juli 2022. Puasa Arafah dilakukan secara berurutan setelah puasa Tarwiyah. 

(BACA JUGA:Keutamaan Puasa Arafah, Hapus Dosa Satu Tahun Lalu dan Tahun Akan Datang)

Keutamaan puasa Arafah:  "Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: