Mendag Zulhas Klaim Dalam Waktu Dua Minggu Harga Minyak Goreng Eceran Turun Rp14 Ribu

Mendag Zulhas Klaim Dalam Waktu Dua Minggu Harga Minyak Goreng Eceran Turun Rp14 Ribu

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengunjungi salah satu warung pangan di Pasar Klender Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022). -Aditya Ramadhan.-ANTARA

JAKARTA, FIN.CO.ID- Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) yakin pihaknya akan menstabilkan harga minyak goreng curah menjadi Rp14 ribu dalam waktu dua minggu. 

"Saudara saudara, ini hari Kamis, seminggu saya. Saya janji target sebulan, tapi saya yakin dua minggu, harga minyak goreng curah Rp14 ribu stabil, aman, di mana-mana, dua minggu gitu," ujar Zulhas. 

Hal itu dikatakan Zulhas saat memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis 23 Juni 2022.

(BACA JUGA:Mendag Zulhas Klaim Harga Migor di Jakarta Stabil dengan Harga Rp14.000)

Zulkifli mengatakan, pihaknya sudah sediakan yang namanya Task Force, yang menangani krisis center 24 jam. 

"Saya kira kita bisa memantau ketersediaan barang dan harga. Bisa tiap hari dilaporkan. Jadi kita bisa secara cepat tanggulangi sehingga ibu-ibu tidak lagi teriak harga minyak Rp14 ribu tidak ada," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Zulhas juga mengatakan, warga dapat membeli minyak goreng curah dengan syarat membawa satu kartu tanda penduduk (KTP) untuk 10 liter sesuai harga eceran tertinggi (HET)  Rp14.000 per liter.

(BACA JUGA:Jokowi Kasih Tugas Khusus Luhut dan Zulhas, Secepatnya Turunkan Minyak Goreng Curah Rp14 RIbu per Liter)

"Kita sekarang boleh (membeli minyak goreng curah) masyarakat, kemarin hanya beli satu KTP untuk 2 liter, sekarang 10 liter, boleh. Jadi kita boleh sekarang beli 10 liter untuk 1 KTP," kata Mendag Zulkifli Hasan. 

Zulkifli mengatakan kebijakan baru tersebut diambil untuk membantu masyarakat, khususnya yang pelaku UMKM agar tidak merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng curah dalam menjalankan usahanya.

"Boleh juga kalau yang beli 1 liter itu, kalau dibawa ke gang  ke RT-nya, ada warung kecil, dijadikan (kemasan) 100 mili, 200 mili, ya. Ya untung-untung sedikit boleh lah," kata dia.

(BACA JUGA:Mendag Zulhas Bilang akan Fokus Turunkan Harga Migor)

Mendag juga menuturkan pada Senin (27/6) pekan depan, pihaknya akan mengundang pengusaha-pengusaha, produsen minyak goreng terkait rencana kebijakan minyak curah diubah menjadi minyak kemasan sederhana.

"Nanti masyarakat, ibu-ibu kalau  belanja ke supermarket, ada minyak goreng yang harganya Rp14 ribu, dengan merek Minyak Kita yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan."

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: