Sidak Pasar Klender, Mendag Zulhas Borong Bahan Pangan: Kue Semua Rp60 Ribu? Saya Tawar Rp200 Ribu Ya

Sidak Pasar Klender, Mendag Zulhas Borong Bahan Pangan: Kue Semua Rp60 Ribu? Saya Tawar Rp200 Ribu Ya

Mendag Zulhas borong ayam 5 ekor, cabe merah 1 kg, dan bahan pokok lainnya saat melakukan sidak di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu, 22 Juni 2022.-Biro Humas Kemendag-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasokan dan harga minyak goreng curah sekaligus memborong dagangan para penjual di Pasar Klender Jakarta Timur, Rabu, 22 Juni 2022.

Dalam sidak tersebut, Zulhas memborong sejumlah bahan pangan seperti ayam, tempe, cabai, kue jajanan pasar, hingga daging sapi saat mengecek harga pangan terkini.

(BACA JUGA:Minyak Goreng Rp14 Ribu, Mendag Zulhas: Tadi Sudah Kita Lihat Sendiri)

Zulhas memborong lima ekor ayam yang dijual seharga Rp38 ribu per ekor. Selain itu, Zulhas juga membeli 1 kg cabai merah keriting seharga Rp90 ribu, 1 kg cabai rawit merah Rp120 ribu, dan 1 kg tomat Rp20 ribu.

Mendag juga memborong kue jajanan pasar untuk awak media yang meliput, tempe, dan 2 kg daging sapi seharga Rp150 ribu per kg. Mendag Zulhas bahkan melebihkan uang belanja dari harga yang seharusnya dibayar.

"Kue semuanya berapa? Rp60 ribu? Ini saya tawar Rp200 ribu aja ya," kata Zulhas membayar kue jajanan pasar seharga Rp60 ribu dengan uang tunai Rp200 ribu.

(BACA JUGA:Bertemu Menteri Pertanian, Mendag Zulhas Mau Jaga Petani Supaya Tidak Rugi: Kami Sudah Biasa Telepon-telepon)

Zulhas mengatakan saat ini harga cabai keriting merah mulai turun dari yang sebelumnya Rp120 per kg menjadi Rp90 ribu per kg. Hal itu dikarenakan intervensi yang dilakukan pemerintah dengan mendistribusikan cabai dari luar Pulau Jawa ke Jakarta.

Ia juga berbincang dengan pedagang daging yang mengeluhkan omzet penjualannya menurun dikarenakan naiknya berbagai komoditas pangan.

"Penjualan menurun, karena harga-harga pada naik, orang jadi nggak beli daging dulu," kata salah satu pedagang daging di Pasar Klender, Ruyat.

Sumber: