Wakil Ketua KPK Belum Mau Bicara Dugaan Korupsi LNG Pertamina: Sifatnya Masih Secret Lah

Wakil Ketua KPK Belum Mau Bicara Dugaan Korupsi LNG Pertamina: Sifatnya Masih Secret Lah

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2022.-Rizky Agustian-FIN

JAKARTA, FIN.CO.ID - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata belum mau mengungkap secara detail perkembangan pengusutan dugaan korupsi pembelian Liquified Natural Gas (LNG) oleh PT Pertamina. Ia menyebut hingga saat ini proses pengusutan dugaan korupsi tersebut masih berjalan. 

"Sesuatu yang belum kita umumkan berarti kan sifatnya masih secret lah, belum boleh diungkap. Nanti kalau saya ngomong, nanti TKP-nya jadi terganggu," kata Alex di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.

(BACA JUGA:Penyidik KPK Dikabarkan Sambangi Kantor PT Pertamina, Mau Geledah?)

Kendati begitu, dirinya memastikan bakal menyampaikan perkembangan pengusutan perkara tersebut kepada publik. 

"Cepat atau lambat akan kita umumkan secara jelas ya, bukti-bukti kita kumpulkan. Kalau sudah cukup, kemudian ada upaya paksa ya biasa lah kita tahan, kita akan sampaikan apa yang menjadi persoalan, kan gitu," tukasnya.

Sebelumnya, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto menyebut dugaan korupsi pembelian LNG di PT Pertamina sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

(BACA JUGA:Dipersilakan Kejagung Usut Dugaan Korupsi LNG Pertamina, KPK Sambut Baik)

"Ini memang betul (naik penyidikan), kami belum mengumumkan secara detail. Ada banyak faktor yang enggak bisa saya buka," kata Karyoto dalam keterangannya, Kamis, 31 Maret 2022.

Namun, Karyoto mengaku belum bisa membeberkan identitas para pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Diketahui, KPK dan Kejagung menyelidiki dugaan korupsi pembelian LNG di PT Pertamina. Dalam perkembangannya, kedua instansi bersepakat penanganan perkara bakal ditindaklanjuti KPK.

(BACA JUGA:KPK Usut Perkara Korupsi LNG Pertamina)

Meski begitu, KPK memastikan akan terus berkoordinasi dengan Kejagung dalam mengusut kasus tersebut. 

Selain Kejagung, KPK juga bakal berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam menuntaskan dugaan korupsi itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: