Harga Minyak Mentah Indonesia Anjlok

Harga Minyak Mentah Indonesia Anjlok

JAKARTA - Harga minyak mentah Indonesia / Indonesian Crude Price (ICP) bulan Agustus 2021 mengalami penurunan sebesar USD 4,37 per barel, dari USD 72,17 per barel pada bulan Juli menjadi USD 67,80 per barel.


ICP SLC juga mengalami penurunan sebesar USD 4,66 per barel dari USD 72,65 per barel menjadi USD 67,99 per barel.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan harga minyak mentah utama di pasar internasional, antara lain peningkatan pasokan minyak. Namun demikian penurunan ICP itu juga disebut memberikan keuntungan pada sektor hilir pertamina, karena beban harga minyak yang lebih ringan. 


Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, kepada Fajar Indonesia Network (FIN), saat dihubungi pada Jumat (3/9/2021). 


"Saya melihatnya bahwa pergerakan ini dikarenakan kebijakan OPEC+ yang menambah pasokan global 400.000 BOPD ke pasar di tengah pasar yang masih belum pulih. Hal ini perlu dicermati,bahwa ada potensi terjadinya penurunan harga yang lebih dalam lagi kedepannya meskipun banyak faktor lain yang mempengaruhi harga seperti stok minyak mentah di USA, jumlah rig, dan stok BBM. Selain itu, adanya lockdown di beberapa negara masih menjadi variabel naik turunnya harga minyak dunia," ujar Mamit. 

BACA JUGA: Belum Sepekan Kelola Blok Rokan, Pertamina Kapalkan Perdana 350 Ribu Barel Minyak


Menurut Mamit, Indonesia patut mencermati fluktuasi ICP, karena saat ini sektor hulu migas termasuk yang memberikan kontribusi besar dalam APBN kita melalui PNBP. Belum lagi, pemerintah saat ini sedang mengejar target lifting migas dimana hal ini ini tergantung juga terhadap harga minyak dunia yang mempengaruhi ICP.


"Untuk sektor hilir,penurunan ini belum memberikan dampak signifikan karena memang harga BBM,  terutama milik Pertamina masih dibawah keekonomian. Jika terus menurun maka ini bisa mengurangi beban bagi Pertamina," kata Mamit. 


Berikut adalah rangkuman perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada bulan Agustus 2021, dibandingkan bulan Juli 2021:

– WTI (Nymex) turun sebesar USD 4,72/per barel dari USD 72,43 per barel menjadi USD 67,71 per barel.


– Basket OPEC turun sebesar USD 3,25 per barel dari USD 73,53 per barel menjadi USD 70,28 per barel.


– Brent (ICE) turun sebesar USD 3,78 per barel dari USD 74,29 per barel menjadi USD 70,51 per barel. 

– Dated Brent turun sebesar USD 4,22 per barel dari USD 75,03 per barel menjadi USD 70,81 per barel. (git/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: