Sidak Peternakan Sapi Pasuruan, Puan Maharani Temukan Wabah PMK: Semua Hanya Dongeng

Sidak Peternakan Sapi Pasuruan, Puan Maharani Temukan Wabah PMK: Semua Hanya Dongeng

Puan Maharani datangi peternakan sapi di Pasuruan Jawa Timur--Twitter/ @puanmaharani_ri

JAKARTA, FIN.CO.ID- Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan sidak ke peternakan di Pasuruan di Jawa Timur untuk memantau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang hari RAYA Idul Adha 2022.

Puan Maharani kunjungi peternakan Pasuran karena lokasi tersebut merupakan pengehasil ternak terbesar di Jawa Timur.

Dalam pencegahan penyebaran PMK, Puan Maharani menyalurkan vaksiniasi dan obat-obatan. Pemberian vaksin ini merupakan pertama kali di Indonesia untuk atasi wabah PMK.

(BACA JUGA:Survei Terbaru, Popularitas Puan Maharani Urutan ke-5, Pertama Prabowo, Anies, Sandiaga dan AHY)

(BACA JUGA:Makin Masif, 76 Hewan Ternak di Kota Bekasi Sudah Terjangkit PMK)

Pernyataan Puan Maharani mengenai pemberian vaksin diketahui melalui akun Twitter pribadinya bernama @puanmaharani_ri.

"Saya menyalurkan vaksinasi dan obat untuk peternakan di Pasuruan, penghasil ternak terbsar di Jawa Timur. Vaksin ini adalah vaksin pertama di Indonesia untuk wabah ini," tulis Puan Maharani pada 16 Juni 2022.

Menurut Puan, para peternak seharusnya sudah mulai disibukan dengan dengan pengiriman sapi ke berbagai antar kota menjelang Hari Raya Idul Adha 2022.

"Menjelang Idul Adha, bulan ini harusnya menjadi 'pesta' para peternak sapi, pedagang lembur di pasar, supir truk blusukan antara kota dengan jadwal padat," ucap politiis PDIP tersebut.

Ketua DPR RI, meneruskan adanya wabak PMK ini menjadi keresahan bagi para peternak karena produksinya yang berkurang berdampak terhadap penghasilan ekonominya.

"Kini semua hanya dongeng karena serangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). sapi yang terjangkit tidak bisa dikonsumi, ribuan sapi harus dimusnahkan. Peternak mengeluhkan turunya hasil produksi yang mempengaruhi pengehasilan mereka," ungkapnya.

(BACA JUGA:Imbas Wabah PMK, Harga Sapi Kurban di Bekasi Naik 10 Persen, Pedagang Klaim Biaya Perawatan Ternak Naik)

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan sebanyak 42.278 ton daging sapi dipastikan tersedia untuk memenuhi konsumsi masyarakat jelang Idul Adha 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: