Ada Benjolan seperti Daging di Biji Kemaluan? Penyebabnya Mulai dari Radang hingga Tumor

Ada Benjolan seperti Daging di Biji Kemaluan? Penyebabnya Mulai dari Radang hingga Tumor

Penyebab Gatal pada Kemaluan Pria, Image oleh Darko Djurin dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada mengeluhkan keberadaan benjolan di biji kemaluan Anda. Akibat benjolan yang terasa seperti daging ini, Anda merasakan sensasi tidak nyaman.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan benjolan pada biji kemaluan sebagaimana di sebut di atas?

Menurut dr. Muhammad Ainul Rohman, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, dari yang sekedar pembengkakan biasa hingga yang serius.

(BACA JUGA:Nyeri pada Kantung Testis? Kenali Sebabnya)

Selain karena hernia skrotalis (keluarnya organ dalam karena jaringan sekitar yang lemah), kondisi ini disebabkan oleh terjadinya hidrokel.

Hidrokel sendiri menudur dr. Ainul adalah penumpukan cairan, yang terjadi di area yang terdampak.

Selain hidrokel, variokokel, kista hingga tumor testis dapat dikaitkan dengan kondisi munculnya benjolan pada biji kemaluan.

Untuk mereka dengan keluhan seperti di atas, tidak disarankan untuk membiarkannya tanpa diagnose ahli.

“Benjolan tersebut sebaiknya dievaluasi lebih lanjut ya, karena beberapa keadaan seperti variokokel dapat mempengaruhi kesuburan jika tidak ditangani lebih lanjut,” jelas dr. Ainul Rohan seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Untuk menegakkan diagnosis dan menyingkirkan diagnosis banding lainnya, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah urologi ya untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut,” ujarnya menyarankan.

Dr. Ainul Rohman juga tidak menganjurkan mereka dengan benjolan pada biji kemaluan, untuk melakukan tindakan macam-macam, yang dapat memperburuk kondisi yang sudah ada.

“Saat ini sebaiknya tidak melakukan manipulasi apapun pada benjolan tersebut dan manajemen stress dengan baik,” tutupnya.

Jika Benjolannya pada Kantung Testis

Pada banyak kasus benjolan pada skrotum, itu tuh, kantung yang membalut testis Anda, adalah hal yang normal.

Penyebabnya menurut ahli, adalah salah satunya bulu kemaluan yang tumbuh ke dalam kulit. Mereka yang suka mencukur area ini, juga mereka dengan kulit sensitif, akan sering berurusan dengan benjolan di skrotum mereka.

Pada kasus lain, menurut kepala perawat badan kesehatan Brook, Sue Burchill, benjolan pada skrotum dapat disebabkan oleh infeksi pada kulit, menyebabkan munculnya kutil.

“Kutil di area kelamin disebabkan oleh HPV dan bisa muncul juga di area anus,” ungkapnya seperti dikutip Men’s Health.

Kutil ini, lanjut dia, biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, namun keberadaannya bisa cukup mengganggu penderitanya.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: