Sakit Asam Lambung, Satu Lagi Jemaah Calon Haji Indonesia Meninggal Dunia

Sakit Asam Lambung, Satu Lagi Jemaah Calon Haji Indonesia Meninggal Dunia

Ilustrasi jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci.-ist-net

BANDA ACEH, FIN.CO.ID - Satu lagi jemaah calon haji Indonesia meninggal dunia. Kali ini berasal dari Embarkasi Aceh.  

Calon haji yang meninggal bernama Muslim Abdul Wabah Salam.

Almarhum meninggal di dalam pesawat saat dalam perjalanan menuju Madinah, Rabu, 15 Juni 2022.

(BACA JUGA:Satu Calon Haji Meninggal dalam Penerbangan ke Madinah)

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh Iqbal Kantor menyatakan Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dunia menjelang pendaratan pesawat.

“Jamaah haji atas nama Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dalam pesawat, 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah,” katanya, Rabu, 15 Juni 2022.

Diungkapkannya, almarhum merupakan warga Kabupaten Pidie Jaya dan meninggal di usia 51 tahun. Almarhum berasal dari kloter pertama, pemegang nomor paspor C6765252.

(BACA JUGA:Innalillahi... Satu Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci )

Menurut laporan, jamaah ini memiliki diagnosa penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Ia dinyatakan meninggal dunia saat masih dalam pesawat sekitar pukul 4.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sebelumnya, sebanyak 393 orang jamaah calon haji Embarkasi Aceh diterbangkan ke Madinah menggunakan pesawat SKYTEAM Garuda Indonesia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu, dini hari.

Jamaah kloter pertama itu berangkat sekitar pukul 01.25 WIB. Sebelumnya, jamaah telah lebih dulu masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh, sehari sebelum jadwal penerbangan.

Selama di asrama, mereka mengikuti serangkaian kegiatan dan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan kesehatan tahap akhir dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Aceh.

"Alhamdulillah kondisi jamaah semua sehat, yang berangkat 393 jamaah. Seperti kita lihat tadi, semua jamaah siap diberangkatkan dan semua sehat," kata Iqbal.

Sementara untuk fardhu kifayah, menurut Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter satu Embarkasi Aceh Muhammad Qusay, shalat jenazah akan dilaksanakan di Masjid Nabawi dan pemakaman di Baqi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: