Pemerintah All Out Persiapkan Event MotoGP Mandalika 2022

Selasa 01-03-2022,23:52 WIB
Reporter : Sigit Nugroho
Editor : Sigit Nugroho

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, pelaksanaan MotoGP 2022 nanti salah satu yang jadi perhatian adalah pemenuhan sarana transportasi sehingga wisatawan yang akan hadir dapat terlayani dengan baik.

(BACA JUGA:Rekayasa Lalin Disiapkan Agar 63 RIbuan Penonton MotoGP Mandalika Gak Kena Macet)

Budi mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai persiapan, utamanya dalam manajemen dan rekayasa lalu lintas agar menjadi lebih baik di sekitar kawasan dan juga termasuk koridor di sekitar kota Mataram.

"Salah satunya adalah optimalisasi penggunaan angkutan umum. Artinya angkutan umum akan menjadi backbone utama transportasi yang ada di Mataram sampai dengan kawasan. Terutama pada saat kegiatan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung," kata Budi.

Kemenhub dikatakannya telah menyiapkan 278 unit bus untuk angkutan antarmoda guna membawa penonton dari beberapa simpul transportasi seperti Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, juga Bandar Udara Internasional ZAM ke pusat kota Mataram atau lokasi lainnya.

(BACA JUGA:Angkut Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub dan ITDC Siapkan Ratusan Shuttle Bus Gratis)

Berikutnya Kemenhub juga menyiapkan 184 unit bus sedang untuk membawa wisatawan atau masyarakat yang ingin menyaksikan MotoGP dari titik di pusat kota Mataram dan lainnya menuju lokasi sekitar kawasan Sirkuit Mandalika.

Termasuk Kemenhub juga menyiapkan bus shuttle yang melayani 7 rute, yaitu Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3. Untuk bus shuttle di dalam kawasan difungsikan untuk mengantar penonton yang akan masuk dan keluar dari kawasan sirkuit.

"Kendaraan pribadi dan juga sepeda motor menuju kawasan Mandalika akan dibatasi. Jadi disiapkan lahan parkir di luar kawasan Mandalika sehingga potensi kemacetan bisa kita hindari. Dan semua layanan ini disiapkan secara gratis bagi masyarakat," ujarnya.

(BACA JUGA:Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Usul Begini Untuk Pelaksanaan Balapan Maret Mendatang)

Terkait akses menuju Pulau Lombok, Kemenhub juga memaksimakan sejumlah layanan yang sudah berjalan termasuk menambah lagi lintasan-lintasan baru.

Lintasan yang sudah berjalan seperti Pelabuhan Padangbai-Pelabuhan Lembar (26 kapal feri), Surabaya-Lembar (2 kapal), Ketapang-Lembar (6 kapal), dan Kayangan-Poto Tano (2 kapal). Serta usulan baru lintas Tanjung Benoa -Kuta Lama Mandalika.

"Pemerintah hadir, memberikan all effort untuk memudahkan akses sehingga diharapkan masyarakat menjadi sangat tertarik untuk datang karena banyak kehadiran fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah," ujar Budi.

(BACA JUGA:Terbangkan Drone di Area Sirkuit Mandalika, Sanksinya 5 Tahun Penjara dan Denda Rp5 Miliar Lho)

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Ariadi, mengungkapkan, pihaknya juga terus mempersiapkan berbagai hal dalam menyambut pelaksanaan MotoGP 2022. 

Kategori :