Jurus Pemerintah Atasi Pandemi, Mulai dari Akselerasi Vaksinasi, Persiapan Faskes dan Perpanjangan PPKM

Minggu 27-02-2022,22:11 WIB
Reporter : Sigit Nugroho
Editor : Sigit Nugroho

PPKM Level 3 meningkat dari 108 menjadi 320 Kabupaten/Kota.

Penerapan perubahan Level PPKM ini akan mulai diberlakukan sejak 1 Maret 2022, dan berlaku s.d. 14 Maret 2022, namun akan terus dilakukan evaluasi secara komprehensif setiap minggu.

(BACA JUGA:Airlangga: Golkar Bertekad Kuningkan Pulau Sumatera di Pemilu 2024)

Perkembangan Capaian Vaksinasi

Secara Nasional, Vaksinasi Dosis-1 telah mencapai 91,55 persen (190,6 juta Dosis), Vaksinasi Dosis-2 telah mencapai 69,03 persen (143,7 juta Dosis), dan Vaksinasi Booster atau Dosis-3 telah mencapai 4,7 persen (9,8 juta Dosis).

Untuk Vaksinasi Dosis-1, masih ada 3 Provinsi di luar Jawa-Bali dengan capaian di bawah 70 persen yaitu Provinsi Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

Sedangkan untuk Vaksinasi Dosis-2, masih terdapat 7 Provinsi dengan capaian di bawah 50 persen yakni Provinsi Sulawesi Tengah, Aceh, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

(BACA JUGA:Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi Hanya 60 Ribu Orang)

Sementara untuk Vaksinasi Booster, capaian seluruh Provinsi luar Jawa-Bali masih di bawah 10%, sehingga Vaksinasi Dosis-3 ini harus terus dilakukan akselerasi di seluruh Provinsi. 

Sedangkan untuk Vaksinasi Lansia, masih terdapat 6 Provinsi yang capaian Dosis-1-nya di bawah 60 persen, dan ada 25 Provinsi yang capaian Dosis-2-nya juga di bawah 60 persen.

“Arahan Bapak Presiden, cakupan Vaksinasi Dosis-2 dan Lansia akan dipercepat dengan menetapkan kedua indikator tersebut sebagai Indikator Penetapan Level PPKM di luar Jawa-Bali. Akselerasi vaksinasi ini tetap akan dibantu oleh personel dari TNI/Polri, karena itu akan disiapkan biaya operasional vaksinasi untuk TNI/Polri mengikuti Semester 2 tahun lalu,” kata Menko Airlangga.

(BACA JUGA:Menko Airlangga Hartarto Puji Kinerja Penanggulangan Bencana Kepala BNPB dan Jajaran)

Pelaksanaan Event MotoGP Mandalika

Menko Airlangga menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, dalam penyelenggaraan MotoGP Seri-2 Tahun 2022 pada 18-20 Maret di Mandalika, akan diturunkan kuota jumlah penontonnya. 

Sebelumnya, jumlah penonton ditargetkan 100 ribu orang, namun saat ini diturunkan menjadi 60 ribu orang, disebabkan perkembangan situasi pandemi akhir-akhir ini.

Kategori :