Baru Tahu! Rumput Laut Bisa Jadi BBM Bioetanol Pengganti Bensin, Gimana Cara Mengolahnya?

Selasa 16-01-2024,17:07 WIB
Reporter : Rizal Husen
Editor : Rizal Husen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada November 2023 lalu juga pernah menyatakan akan memanfaatkan rumput laut sebagai bahan dasar bioetanol. Rumput lalu, kata Jokowi, dapat dimanfaatkan sebagai alternatif campuran bahan bakar.

"Mungkin ke depan yang akan kita ramaikan itu rumput laut. Karena tidak hanya untuk urusan farmasi, kecantikan, rumput laut juga bisa dipakai untuk membuat Bioetanol," ujar Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada 23 November 2023.

Indonesia diketahui menjadi salah satu negara penghasil rumput laut terbesar di dunia. Rumput laut Indonesia diekspor ke sejumlah negara. Di dalam negeri, rumput laut diolah untuk produk makanan, dan kecantikan.

"Sekarang baru mencapai 10,2 juta ton dan masih diekspor mentahan yang cuma dibuat tepung agar-agar. Nah, kenapa tidak larikan ke bioetanol," imbuh Jokowi.

Pemanfaatan alternatif energi rumput laut menjadi BBM dinilai mampu menekan emisi yang dihasilkan dari bahan dasar minyak fosil. Selain itu, dapat menekan ketergantungan impor BBM dari negara lain. 


Rumput Laut Bisa Jadi BBM Pengganti Bensin-fin/diolah-

BACA JUGA:

 

Kategori :