MEGAPOLITAN . 03/07/2024, 09:36 WIB

1.389 Personel Gabungan Disiagakan Amankan Demo Buruh Hari Ini

fin.co.id - Ribuan personel disiagakan untuk mengamankan demonstrasi buruh di Patung Kuda Arjuna, Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu 3 Juli 2023. Dalam aksinya, buruh juga akan unjuk rasa di Kemenkominfo dan Kemendag.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, 1.389 personel disiagakan untuk amankan aksi Dewan Eksekutif Nasional Serikat Pekerja Indonesia dan beberapa aliansi di Patung Kuda, Kemenkominfo dan Kemendag, Gambir, Jakarta Pusat.

"Dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa, kami melibatkan 1.389 personel, untuk di beberapa titik," katanya kepada Disway Group.

Terkait dengan rekayasa lalu lintas, kata dia, hal itu bersifat situasional. tergantung kondisi di lapangan.

Baca Juga

"Jika ekskalasi meningkatkan di Patung Kuda, Kemenkominfo dan Kemendag, maka arus lalin akan kita alihkan. Diimbau untuk masyarakat yang akan melintas di Jalan Merdeka Barat agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda," terangnya.

Susatyo mengimbau para peserta aksi untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya dan tertib menyampaikan pendapatnya di muka umum.

"Kami menghimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi," jelasnya.

Dia mengimbau, anggota polisi yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan, serta humanis. "Tidak ada yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas dan humanis." tandasnya.

(Faj)

Baca Juga

© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com