News . 01/07/2024, 17:48 WIB

Kemenkes Ungkap Kronologi Bayi Meninggal Dunia di Sukabumi Setelah Imunisasi

fin.co.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kronologi kasus bayi di Sukabumi yang meninggal dunia setelah menjalani imunisasi.

Diketahui, bayi berinisial MKA tersebut menghembuskan napas terakhir beberapa jam setelah mendapatkan empat jenis vaksin, di antaranya, vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG) untuk penyakit tuberkulosis (TB), Difteri-Pertusis-Tetanus-Hepatitis B-Haemophilus Influenzae Type B (DPT-HB-Hib), Polio tetes dan Rotavirus untuk pencegahan diare.

Keluarga korban lantas melaporkan hal ini ke polisi melalui kuasa hukumnya.

Atas adanya laporan tersebut, Komite Daerah (Komda) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Jawa Barat dan Pokja KIPI Kota Sukabumi bersama Dinas Kesehatan Kota Sukabumi melakukan investigasi.

Baca Juga

Berdasarkan hasil investigasi, MKA lahir dengan bantuan bidan dan sudah mendapatkan vitamin K serta vaksin Hepatitis B.

Kendati demikian, hampir 3 bulan sejak kelahirannya, MKA tidak pernah dibawa ke puskesmas.

Ia pun dibawa oleh orang tuanya ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi saat usia 2 bulan 28 hari.

Sehingga, imunisasi yang diberikan adalah imunisasi ganda, yakni pemberian vaksin lebih dari satu jenis dalam sekali kunjungan.

Pada hari yang sama, terdapat 18 anak yang melakukan imunisasi dan 3 di antaranya juga mendapatkan 4 jenis vaksin, seperti MKA.

Baca Juga

Ketiga anak tersebut pun hingga saat ini dalam kondisi sehat.

Sementara itu, bayi MKA setelah pulang dari posyandu menunjukkan gejala tubuh melemah sehingga segera menghubungi puskesmas.

Petugas kemudian datang ke rumah MKA dan melakukan pertolongan pertama sebelum dilarikan ke rumah sakit.

“Pertolongan pertama diberikan karena petugas imunisasi langsung datang ke rumah almarhum dan membawa ke rumah sakit untuk memberikan pertolongan lanjutan,” jelas Ketua Komda KIPI Jawa Barat Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr, SpAK, MM, dikutip Senin, 1 Juli 2024.

Namun, nyawa MKA tidak terselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada 11 Juni 2024.

Setelah sempat melaporkan kasus ini, orang tua MKA akhirnya mencabut laporan dan enggan dilakukan autopsi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kematian sang bayi.

© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com