News

Nabung Dikit Demi Sedikit Selama 12 Tahun, Paniran PNS 56 Akhirnya Berangkat Ibadah Haji

fin.co.id - 28/05/2024, 18:17 WIB

Paniran (56), seorang PNS yag juga calon jemaah haji 2024.

FIN.CO.ID - Menunaikan rukun Islam kelima yakni haji adalah impian semua umat muslim di dunia. Namun, mereka harus sbar menunggu belasan hingga puluhan tahun untuk bisa melaksanakannya.

Tahun ini, pemerintah Indonesia memberangkatkan 241.000 jemaah haji. Salah satu yang akan berangkat haji tahun ini yakni Paniran (56).

BACA JUGA:

Paniran mengungkapkan sudah menunggu selama 12 tahun untuk bisa ke berangkat ke Tanah Suci. Paniran merupakan jemaah haji kloter 38 gelombang 2 asal Cengkareng, Jakarta Barat, yang siap berangkat pada Rabu 29 Mei 2024 menggunakan Pesawat Garuda Indonesia.

Ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa 28 Mei 2024, Paniran yang merupakan PNS ini, mengungkapkan ia menabung sedikit-demi sedikit agar bisa ke Tanah Suci.

"Kuncinya sabar, itu harus banyak sabar. Nabung sedikit demi sedikit yang penting selalu sabar," katanya kepada FIN.CO.ID dari Disway Group.

Terkait doa khusus di Tanah Suci, Paniran mengaku, akan mengikuti arahan dari pembimbingnya. Dia hanya berharap bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan lancar, serta kondisi fisik yang selalu prima.

"Kalau doa khusus ikut dari pembimbing saja, karena nantikan kita dikasih headset ya, kita tinggal ikuti saja," katanya.

Sebagai informasi, gelombang dua jamaah haji indonesia mulai diberangkatkan sejak 23 Mei-10 Juni 2024. Tahun ini, ada sekitar 241.000 jamah haji, dan 45.000 di antaranya merupakan jemaah lanjut usia (lansia).

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

Mihardi
Penulis
-->