Otomotif

Hyundai Recall IONIQ 6 di Indonesia, Belum Genap 1 Tahun Lho?

fin.co.id - 10/05/2024, 09:00 WIB

Kemewahan Hyundai Ioniq 6

FIN.CO.ID -  Belum genap 1 tahun dipasarkan di Indonesia, Hyundai menarik kembali alias recall IONIQ 6. Sebelumnya, pabrikan mobil asa Korea Selatan (Korsel) itu juga sudah menarik Hyundai IONIQ 5.

Penarikan IONIQ 6 disebabkan adanya masalah pada pembaruan software (perangkat lunak) pada komponen Integrated Charge Control Unit (ICCU) yang ada pada kedua kendaraan listrik milik Hyundai.

“Kami mengajak pemilik Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 di Indonesia dapat melakukan pembaruan software pada komponen ICCU untuk pengalaman pengisian baterai yang seamless dan lebih optimal," kata Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto melalui keterangan resminya baru-baru ini.

Menurut catatan yang dibagikan Hyundai, komponen ini merupakan hal penting untuk mengelola pengisian daya dari dua kendaraan listrik tersebut. Hyundai menjamin bahwa proses update untuk perangkat lunak tersebut tidak kurang dari 30 menit dan dilakukan secara gratis.

BACA JUGA:

Guna memastikan kenyamanan para penggunanya yang ada di Indonesia, Hyundai terus aktif untuk meminta para pengguna datang dan membawa kendaraan tersebut ke diler resmi Hyundai yang ada di Indonesia.

“Kita usahakan secepat mungkin karena cuma 20 menit prosesnya. Pasti kita usahakan secepatnya customer kita panggil melalui call center, bluelink. Ketika customer datang langsung kita update. Sudah mulai per tanggal 6 Mei 2024,” ujar Head of After Sales Sevice HMID, Haris Wiyono.

Dia menjelaskan unit yang terlibat dalam kasus ini merupakan model yang diproduksi sejak Maret 2022 hingga April 2024 dengan jumlah yang diperkirakan mencapai lebih dari 9.000 unit.

"Perkiraan unit, itu Ioniq yang dijual Maret 2022 sampai April 2024. Ioniq 6 yang dijual tahun lalu dan beberapa unit Genesis, model itu yang harus di-recall," ungkapnya.

Penarikan kembali untuk model-model ini juga terjadi di global, kejadian ini tidak hanya menimpa Hyundai ioniq 5 maupun 6. Jenama premium milik Hyundai juga turut terlibat seperti Genesis GV60, GV 70, dan G80 EV serta Kia EV6.

Hyundai Ioniq 6.--

Ada Masalah di Pengisian Daya, Termasuk ICCU

Ribuan unit mobil listrik (electric vehicle) produksi Hyundai ditarik dari pasaran. Ini dilakukan setelah ditemukan masalah pada sistem baterai. 

Penarikan Ribuan unit mobil listrik Hyundai ini dilakukan di Korea Selatan (Korsel). Jenis mobil yang terdampak adalah menggunakan platform e-GMP. Seperti IONIQ 5, IONIQ 6, Genesis GV60, GV 70, G80 serta Kia EV6.

Sekitar 170 ribu mobil listrik tersebut dilaporkan ada masalah perangkat lunak dalam sistem pengisian daya. Termasuk integrated charging control units (ICCU).

Penarikan kembali telah dikonfirmasi untuk model kendaraan listrik yang dilengkapi dengan ICCU. Termasuk Kia EV6 dan model lainnya menggunakan ICCU dari pabrikan yang sama dengan IONIQ 5.

Rizal Husen
Penulis