Kesehatan

Mandi Malam Bikin Rematik, Mitos atau Fakta? Simak di Sini Penjelasannya

fin.co.id - 01/05/2024, 21:55 WIB

Mandi Malam Bikin Rematik, Mitos atau Fakta? Simak di Sini Penjelasannya

FIN.CO.ID - Mandi malam seringkali menjadi rutinitas yang menenangkan sebelum tidur bagi banyak orang. Namun, ada sebuah kepercayaan populer yang mengatakan bahwa mandi malam dapat memicu atau memperburuk kondisi rematik.

Tapi, benarkah hal ini hanya mitos belaka, ataukah ada fakta ilmiah yang mendukungnya? Yuk simak bersama di artikel ini mengenai apakah mandi malam berhubungan dengan penyakit rematik.

Sering sekali kita mendengar pernyataan bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik atau nyeri sendi. -FIN/FREEPIK-

Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu rematik. Rematik adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada berbagai kondisi yang menyebabkan nyeri atau kaku pada sendi-sendi tubuh.

Beberapa jenis rematik termasuk osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan gout, di mana masing-masing memiliki penyebab dan gejala yang berbeda.

BACA JUGA:

Mengenai mitos bahwa mandi malam dapat memicu rematik, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung klaim ini.

Mandi malam dengan air hangat bahkan dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan sendi, sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan dan nyeri yang mungkin Anda rasakan akibat rematik.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu jika Anda mengalami rematik dan ingin mandi malam.

Pertama, pastikan air mandi tidak terlalu panas, karena paparan panas berlebihan dapat meningkatkan peradangan pada sendi bagi beberapa orang dengan kondisi rematik tertentu.

BACA JUGA:

Selain itu, setelah mandi, pastikan Anda mengeringkan tubuh dengan baik dan menghindari paparan udara dingin yang berlebihan, karena hal ini dapat memperburuk nyeri pada sendi.

Jadi, apakah mandi malam bikin rematik? Jawabannya adalah tidak. Mandi malam sebenarnya dapat memberikan manfaat relaksasi bagi tubuh dan pikiran, tanpa memicu atau memperburuk kondisi rematik.

Apakah Mandi Malam Berhubungan dengan Rematik? Temukan Faktanya di Sini-Sumber: FIN/PINTEREST-

Namun, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, jadi penting untuk mendengarkan tubuh Anda sendiri dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang mandi malam dan rematik.

Brigita
Penulis
-->