Kesehatan

Catat! Ini Makanan yang Dapat Membantu Sembuhkan Demam Berdarah

fin.co.id - 29/03/2024, 20:16 WIB

Ilustrasi peredaran demam berdarah

FIN.CO.ID - Seseorang yang terkena penyakit demam berdarah umumnya hilang nafsu makan. Ini tak hanya membuat tubuh lemas, tetapi, juga dapat memperburuk penyakit .

Penderita demam berdarah disarankan mengonsumsi makanan sehat. Namun perlu dicatat makanan yang dapat membantu proses penyembuhan demam berdarah harus memiliki kandungan gizi yang baik. Apa saja?

Berikut ini jenis makanan yang dapat membantu penyembuhan demam berdarah:

1. Jambu Biji

Jambu biji sudah sangat dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan pengidap demam berdarah. Buah ini mengandung vitamin C, tanin, dan flavonoid yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Serta menghambat replikasi dari virus dengue, dan meningkatkan kadar trombosit. Seperti yang sudah diketahui bersama, trombosit pengidap demam berdarah berpotensi turun hingga di bawah normal.

BACA JUGA:

2. Air Kelapa

Air kepala baik dikonsumsi guna mencegah dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan, pengidap demam berdarah sangat berisiko mengidap dehidrasi berat akibat kebocoran plasma.

Air kelapa sendiri mudah diserap, dan mirip dengan cairan tubuh. Di samping itu, air kelapa memiliki tinggi kandungan elektrolit, dan mampu mempercepat proses penggantian cairan tubuh karena kandungan gula di dalamnya.

3. Ramuan Jahe, Kayu Manis dan Kapulaga

Ketiga tanaman herbal tersebut sangat efektif mengurangi keparahan gejala, dan mampu mempercepat proses penyembuhan. Manfaatnya yang dapat menurunkan demam hingga meningkatkan reaksi sistem imun tubuh agar mampu melawan infeksi. 

4. Daun Pepaya

Daun pepaya mampu merangsang peningkatan kadar trombosit pada pengidap demam berdarah. Meski kepercayaan yang beredar demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

BACA JUGA:

Rizal Husen
Penulis
-->