Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Gejala dan Pencegahan Penyakit Jantung, Awas Jangan Disepelekan

fin.co.id - 28/03/2024, 15:19 WIB

Mengenal Lebih Dekat Gejala dan Pencegahan Penyakit Jantung, Awas Jangan Disepelekan

FIN.CO.ID - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang dapat berdampak serius terutama untuk kesehatan seseorang.

Mengetahui gejala awalnya dan langkah-langkah pencegahannya merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Mitos atau Fakta: Menjaga Kesehatan Jantung dengan Olahraga Intensitas Tinggi--Google Photos

Dalam artikel ini, FIN akan membahas secara rinci tentang gejala yang perlu diperhatikan dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mencegah penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat menunjukkan berbagai gejala yang perlu diwaspadai dan bisa dideteksi sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

BACA JUGA:

Beberapa gejala yang umumnya muncul antara lain nyeri dada, sesak napas, detak jantung tidak teratur, lelah yang berlebihan, serta pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut.

Mengetahui gejala-gejala ini dapat membantu Anda untuk segera mencari bantuan medis dan mencegah kondisi yang lebih serius.

Penderita Asam Urat Berisiko Kena Penyakit Jantung, Ilustrasi: OpenAI Copilot--

Faktor Risiko

Terdapat beberapa faktor risiko atau kebiasaan yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Faktor-faktor tersebut meliputi gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, diet yang tidak seimbang, kurangnya aktivitas fisik, serta stres yang berkepanjangan.

BACA JUGA:

Selain itu, faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan riwayat penyakit jantung dalam keluarga juga perlu diperhatikan.

Pencegahan Penyakit Jantung

Terdapat beberapa langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Salah satunya adalah dengan mengadopsi gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat, rutin berolahraga, menghindari merokok dan minuman beralkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Brigita
Penulis
-->