Otomotif

Hyundai Tarik IONIQ 5 & IONIQ 6 Serta Ribuan Mobil Listrik Lainnya dari Pasaran, Ada Apa?

fin.co.id - 21/03/2024, 22:33 WIB

Hyundai Tarik IONIQ 5, IONIQ 6 dan Ribuan Mobil Listrik dari Pasaran

FIN.CO.ID - Ribuan unit mobil listrik (electric vehicle) produksi Hyundai ditarik dari pasaran. Ini dilakukan setelah ditemukan masalah pada sistem baterai. 

Penarikan Ribuan unit mobil listrik Hyundai ini dilakukan di Korea Selatan (Korsel). Jenis mobil yang terdampak adalah menggunakan platform e-GMP. Seperti IONIQ 5, IONIQ 6, Genesis GV60, GV 70, G80 serta Kia EV6.

Sekitar 170 ribu mobil listrik tersebut dilaporkan ada masalah perangkat lunak dalam sistem pengisian daya. Termasuk integrated charging control units (ICCU).

Penarikan kembali telah dikonfirmasi untuk model kendaraan listrik yang dilengkapi dengan ICCU. Termasuk Kia EV6 dan model lainnya menggunakan ICCU dari pabrikan yang sama dengan IONIQ 5.

Lantas bagaimana dengan di mobil listrik di Indonesia? Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengaku belum menerima kabar dari Hyundai Motor Company (HMC) di Korsel mengenai imbas di Indonesia.

Kemewahan Hyundai Ioniq 6-#teknologi #technology-

BACA JUGA:

“Kami masih menunggu pemberitahuan resmi dari HMC, nanti kalau sudah ada informasi resminya baru bisa diberikan. Hingga sekarang kami belum terima kabar, apakah di Indonesia itu sudah terima, sudah ada imbas, atau termasuk dalam recall tersebut. Kami belum mengetahui,” ujar Soerjopranoto.

Seperti diketahui, mobil listrik IONIQ 6 dan IONIQ 5 cukup laris di Indonesia. Menurut Soerjopranoto, pihaknya menjamin untuk bertanggung jawab bila masalah tersebut berdampak ke Indonesia.

Khusus untuk mobil listrik IONIQ 6 dan IONIQ 5 disebut masih dalam masa garansi. Sebab, kedua mobil listrik itu belum lama diluncurkan di Indonesia.

“IONIQ 5 diperkenalkan di Indonesia tahun 2022, masih masa garansi. IONIQ 6 juga sama, baru kita perkenalkan Agustus 2023. Jadi semua masih dalam masa garansi kendaraan, dan baterainya masih lebih lama. Jangan khawatir untuk konsumen, kami akan atasi kalau ada hal-hal seperti itu,” paparnya.

IONIQ 5 Edisi Batik Kawung Dipamerkan di IIMS 2024-fin/Hyundai-

BACA JUGA:

Seperti diketahui, Hyundai telah menjadi pemimpin di pasar kendaraan listrik, dan submerek Ioniq mereka adalah salah satu yang paling populer. 

Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 adalah dua model terbaru dari Hyundai, dan mereka menawarkan berbagai fitur dan keunggulan.

Rizal Husen
Penulis
-->