Kesehatan

3 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Tak Banyak Diketahui Orang

fin.co.id - 10/03/2024, 16:12 WIB

Menarik! Inilah Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula

FIN.CO.ID - Bagi pecinta kopi, meminum kopi hitam tanpa gula merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Kopi hitam tanpa gula mempunyai cita rasa otentik dengan cita rasa asli biji kopi.

Selain citarasanya yang unik, kopi hitam tanpa gula juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Kopi hitam mengandung banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti kafein, riboflavin, niasin, tiamin dan potasium.

BACA JUGA:

Meski jumlahnya  tidak signifikan, kopi juga mengandung sejumlah kecil vitamin, mineral, dan polifenol, seperti asam klorogenat.

Berikut beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang sedikit orang ketahui:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

BACA JUGA:

Minum kopi hitam tanpa bahan tambahan apa pun seperti gula membantu mengurangi risiko diabetes.

Hal ini disebabkan kurangnya tambahan gula dalam tubuh.

Kopi juga mempunyai fungsi untuk mempercepat metabolisme sehingga produksi hormon insulin dapat dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

2. Meningkatkan Kekuatan Kognitif

Kopi tanpa pemanis membantu  wanita dan pria lanjut usia mempertahankan kemampuan motorik dan sensorik yang sangat baik.

BACA JUGA:

Pasalnya, kemampuan  orang tua untuk berfungsi sering kali menurun seiring dengan berkembangnya masalah kesehatan fisik.

Menurut hasil penelitian Joan Salge Blake, American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa rutin minum kopi tanpa pemanis dapat mengurangi segala jenis risiko penuaan yang berhubungan dengan otak.

Noerma Puspita
Penulis
-->