Kesehatan

Insomnia Bisa Jadi Salah Satu Gangguan Kesehatan Mental, Simak Selengkapnya di Sini

fin.co.id - 05/03/2024, 03:05 WIB

Insomnia Bisa Jadi Salah Satu Gangguan Kesehatan Mental, Simak Selengkapnya di Sini

FIN.CO.ID -  Tidur adalah bagian vital dari kesehatan mental dan fisik seseorang. Gangguan tidur seperti insomnia tidak hanya mempengaruhi waktu tidur seseorang tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental.

Studi telah menunjukkan hubungan kuat antara insomnia dan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Salah satu gejala insomnia adalah kesulitan untuk memulai tidur pada malam hari. Sumber foto: pixabay--

Insomnia sebagai Pemicu Gangguan Kesehatan Mental

Insomnia seringkali dianggap sebagai gejala atau faktor risiko untuk munculnya gangguan kesehatan mental. Ketika seseorang kesulitan tidur, itu bisa mengganggu pola pikir dan emosi mereka.

Kurangnya tidur yang berkualitas dapat menghasilkan perubahan kimia dalam otak yang mempengaruhi suasana hati, respons terhadap stres, dan kemampuan untuk berpikir secara jernih.

BACA JUGA:

Hubungan Kecemasan, Depresi, dan Insomnia

Insomnia dapat menjadi bagian dari lingkaran setan dengan gangguan kesehatan mental. Orang dengan kecemasan atau depresi cenderung mengalami kesulitan tidur.

Di sisi lain, kurang tidur yang terus-menerus dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan kecemasan atau depresi.

Mengatasi Insomnia: Trik Sederhana untuk Tidur Lebih Nyenyak--Google Photos

Mengatasi Insomnia untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Mengelola insomnia bukan hanya tentang tidur lebih banyak tetapi juga tentang tidur dengan lebih baik. Teknik relaksasi, rutinitas tidur yang konsisten, menjauhi paparan layar sebelum tidur, dan menghindari stimulan dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

Menangani insomnia dapat membantu menjaga kesehatan mental yang lebih baik dan bahkan mencegah munculnya gangguan kesehatan mental.

BACA JUGA:

Brigita
Penulis
-->