Kesehatan

Cegah Hipertensi Kambuh saat Puasa

fin.co.id - 05/03/2024, 18:09 WIB

Cegah Hipertensi Kambuh saat Puasa

Mengidap Hipertensi Saat Puasa? Ini yang Wajib Diperhatikan

!-- [if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-ID KO X-NONE !-- [if gte mso 10]>

FIN.CO.ID - Penderita hipertensi masih dapat menjalani ibadah puasa. Namun harus memperhatikan kondisi kesehatan serta tidak memaksakan diri.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain mengawasi tekanan darah secara teratur, menjaga asupan cairan yang cukup, menghindari makanan tinggi garam, mengatur pola makan yang seimbang, dan berkonsultasi dengan dokter untuk pengaturan obat jika diperlukan.

BACA JUGA:

Hipertensi terjadi ketika tekanan darah melebihi batas normal, berkisar antara 140/90 mmHg, yang memerlukan pengawasan dan perhatian khusus selama puasa.

Mencegah Hipertensi Kambuh saat Puasa

Penderita hipertensi perlu memperhatikan beberapa hal saat berpuasa karena ada risiko kekambuhan penyakit ini. Hipertensi selama puasa mungkin terjadi karena metabolisme tubuh melambat, menyebabkan penumpukan lemak yang mempengaruhi aliran darah.

Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan risiko hipertensi dengan perubahan pola makan dan tidur yang memengaruhi sistem tubuh yang mengatur tekanan darah.

Selain itu, puasa memberikan waktu istirahat dari makanan yang memicu tekanan darah tinggi dan masalah emosi, menjaga tekanan darah stabil selama puasa. Oleh karena itu, penderita hipertensi dapat berpuasa dengan memperhatikan hal-hal ini.

1. Tetap Konsisten Melakukan Pemeriksaan Kesehatan kepada Dokter

Selama menjalankan ibadah puasa, sangat penting bagi individu yang menderita hipertensi untuk tetap konsisten dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter guna memantau kondisi tubuh.

Dengan melakukan hal ini, dapat memastikan kondisi kesehatan tetap terkontrol dan dokter dapat mengevaluasi apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk menjalani puasa dengan aman. Hal ini didasarkan pada tingkat keparahan hipertensi serta potensi terjadinya kekambuhan.

2. Mengurangi atau Meniadakan Asupan Garam

Kambuhnya hipertensi saat menjalani puasa dapat dipicu oleh konsumsi makanan yang tinggi garam. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang tinggi kandungan garam, baik pada saat sahur maupun berbuka.

Makanan seperti kacang asin, acar, makanan kaleng, sosis, keju olahan, keripik, dan sejenisnya merupakan sumber garam yang perlu dihindari.

Mega Oktaviana
Penulis
-->