Kesehatan

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh? Simak Penjelasan Berikut

fin.co.id - 03/03/2024, 12:00 WIB

FIN.CO.ID - Mata minus atau myopia adalah salah satu masalah kesehatan mata yang umum terjadi.

Mata minus terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata difokuskan di depan retina, bukan tepat pada retina, sehingga menyebabkan objek yang dilihat terlihat kabur.

Meskipun mata minus umumnya tidak bisa sembuh sepenuhnya, ada beberapa metode yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan mata minus, diantaranya adalah: 

BACA JUGA:

1. Pakai Kacamata atau Lensa Kontak

Menggunakan kacamata atau lensa kontak adalah cara paling umum dan mudah untuk mengatasi mata minus. Kacamata atau lensa kontak membantu fokus cahaya pada retina, sehingga membuat penglihatan menjadi lebih jelas.

2. Terapi Penglihatan

Terapi penglihatan adalah cara lain untuk mengatasi mata minus. Ini melibatkan latihan khusus untuk memperkuat otot-otot mata dan meningkatkan kemampuan fokus. Terapi penglihatan bisa dilakukan di rumah atau dengan bantuan ahli terapi penglihatan.

3. Operasi Mata

Ada juga operasi yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan mata minus. Namun, operasi ini biasanya dilakukan hanya pada kasus yang parah atau jika metode lain tidak berhasil.

4. Perubahan Gaya Hidup

Beberapa perubahan gaya hidup juga dapat membantu mengurangi mata minus, seperti menghindari membaca dalam cahaya yang kurang baik atau menggunakan layar komputer atau ponsel dalam jarak yang terlalu dekat.

Selain itu, ada beberapa jenis operasi mata yang juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan mata minus.

Salah satu jenis operasi mata yang paling umum digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan mata minus adalah operasi koreksi penglihatan.

Operasi koreksi penglihatan adalah jenis operasi yang bertujuan untuk memperbaiki penglihatan yang buruk dengan mengubah bentuk kornea mata.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->