Kesehatan

Penting! Simak Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya

fin.co.id - 01/03/2024, 20:43 WIB

FIN.CO.ID - Penyakit jantung adalah kondisi yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah. Ini adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke jantung menjadi rusak atau tersumbat.

Ini menyebabkan jantung tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen, yang dapat menyebabkan berbagai gejala dan komplikasi. 

BACA JUGA:

1. Gejala Penyakit Jantung

1. Sakit dada: Ini adalah gejala yang paling umum dari penyakit jantung. Sakit dada yang disebabkan oleh penyakit jantung sering kali terasa seperti tekanan, nyeri, atau ketidaknyamanan di dada. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

2. Napas pendek: Orang dengan penyakit jantung sering merasa sulit bernapas atau napas pendek. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

3. Nyeri di bagian tubuh lain: Penyakit jantung juga bisa menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan di bagian tubuh lain, seperti lengan kiri, punggung, leher, atau rahang.

3. Kelelahan: Orang dengan penyakit jantung sering merasa lelah atau lemah. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

4. Pusing atau pingsan: Penyakit jantung juga bisa menyebabkan pusing atau pingsan. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

5. Nyeri di perut: Penyakit jantung juga bisa menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan di perut, terutama di bagian atas perut. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

6. Edema: Penyakit jantung juga bisa menyebabkan edema, yaitu pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau kaki. Ini bisa terjadi saat kita beraktivitas fisik atau bahkan saat kita beristirahat.

2. Pencegahan Penyakit Jantung

1. Berhenti merokok: Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Jadi, jika kita merokok, kita harus berhenti segera.

2. Makan makanan sehat: Makan makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat membantu mencegah penyakit jantung.

BACA JUGA:

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->