Kesehatan

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

fin.co.id - 22/02/2024, 20:32 WIB

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

FIN.CO.IDMasyarakat sudah tentu mengenal apa itu lidah buaya. Tanaman ini sudah kerap dijadikan pengobatan sejak zaman kuno. Hingga sekarang, lidah buaya begitu populer dalam membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan, kulit, dan rambut.

Salah satu manfaat utamanya yaitu mampu meredakan gejala iritasi akibat sengatan matahari. Selain itu, senyawa aktif pada tanaman ini juga membantu menyembuhkan luka pada kulit akibat iritasi atau peradangan.

Lidah buaya diketahui mengandung berbagai bahan aktif. Seperti minyak esensial, asam amino, mineral, vitamin, enzim, dan glikoprotein. Lantas apa saja manfaatnya?

Manfaat Lidah Buaya

1.Menurunkan Gula Darah

Judul studi yang berjudul "Aktivitas Antidiabetes dari Jus Lidah Buaya Aloe vera L.: Uji Klinis pada Kasus Baru Diabetes Melitus" menyimpulkan bahwa mengonsumsi 2 sendok makan jus lidah buaya dapat mengurangi kadar gula darah pada individu yang menderita diabetes tipe 2.

Hal ini menunjukkan bahwa komponen-komponen dalam tanaman ini memiliki peran sebagai pengobatan alami dengan cara meningkatkan efisiensi insulin dalam tubuh. Namun, penggunaan bahan alami ini tidak dianjurkan untuk mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan secara rutin.

Hal ini disebabkan karena kombinasi lidah buaya dengan obat-obatan dapat mengakibatkan penurunan glukosa darah menjadi terlalu rendah. Konsekuensinya, pengidap diabetes berisiko mengalami syok dan bahkan dapat membahayakan nyawa.

2.Obat Alami Kulit

Lidah buaya juga memiliki sifat menenangkan pada kulit. Oleh karena itu, tanaman ini sering digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan yang disebabkan oleh luka. Senyawa aktifnya bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin E2.

Prostaglandin E2 merupakan jenis lipid yang tidak hanya berperan dalam proses peradangan, tetapi juga memiliki aktivitas pada kelenjar sebaceous. Kelenjar ini memiliki peran penting dalam kondisi peradangan pada kulit.

BACA JUGA:

3.Mengobati Luka Bakar

Mega Oktaviana
Penulis
-->