Kesehatan

Cara Memasak Daun Sirih Cina untuk Mengatasi Asam Urat dengan Praktis di Rumah!

fin.co.id - 21/02/2024, 04:09 WIB

Cara Memasak Daun Sirih Cina untuk Mengatasi Asam Urat dengan Praktis di Rumah!

FIN.CO.ID - Ini karena daun sirih cina tumbuh di sekitar pematang sawah atau area lembap yang memiliki kandungan air.

Namun, daun sirih cina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mengatasi asam urat.

Kurangnya informasi tentang kegunaan daun sirih cina bagi kesehatan sering membuat kita cenderung mengabaikannya atau membuangnya tanpa mempertimbangkan manfaatnya.

Daun sirih cina mengandung berbagai zat seperti alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri.

BACA JUGA: Mobil Lama Rusak, Hyundai Jamin Ganti Mobil Baru, Ini Syaratnya

Manfaat daun sirih cina terletak pada segala bagian tanaman tersebut. Fungsinya mencakup pengurangan rasa sakit, pengurangan peradangan, dan efek antibiotik.

Selain itu, daun sirih cina juga bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat, menyembuhkan bisul, jerawat, peradangan kulit, abses, luka bakar, memar, serta bengkak.

Cara mengolah daun sirih cina untuk asam urat 

Nama ilmiah daun sirih cina adalah Paperomia pellucida, memiliki penampilan yang mirip dengan daun sirih namun lebih kecil, lebih tebal, dan berair dengan tekstur yang lembut.

Selain itu, daun sirih cina memiliki rasa pedas dan memberikan sensasi sejuk. Daun sirih cina terbukti efektif dalam meredakan gejala asam urat karena mengandung zat-zat yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Perlu dipahami bahwa asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat.

Kondisi ini dapat mempengaruhi sendi di berbagai bagian tubuh, termasuk jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan seringkali terjadi di jempol kaki.

BACA JUGA: 7 Jus Buah dan Sayur yang Ampuh Atasi Jerawat

Gejala yang terkait dengan penyakit asam urat meliputi rasa nyeri yang parah, pembengkakan, dan sensasi panas pada daerah persendian.

Studi menyatakan bahwa quercetin, salah satu jenis flavonoid yang terdapat dalam daun sirih cina, dapat menghambat produksi asam urat dalam tubuh dan mencegah serangan asam urat.

Berikut adalah bahan dan cara mengolah daun sirih cina untuk asam urat:

Bahan: 

Mega Oktaviana
Penulis
-->