Kesehatan

Mandi Malam Berhubungan dengan Rematik? Cek Faktanya di Sini

fin.co.id - 20/02/2024, 08:35 WIB

Mandi Malam Berhubungan dengan Rematik? Cek Faktanya di Sini

Apakah Mandi Malam Berhubungan dengan Rematik? Temukan Faktanya di Sini

FIN.CO.ID - Rematik, juga dikenal sebagai rheumatoid arthritis (RA), adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi tubuh, terutama sendi-sendi tangan dan lutut, namun juga bisa memengaruhi bagian lain seperti tumit.

Meskipun belum diketahui dengan pasti penyebab rematik, penjelasan ilmiah saat ini mengaitkan kondisi ini dengan faktor autoimun. Oleh karena itu, banyak teori atau dugaan tentang penyebab rematik, salah satunya adalah mandi malam.

Di Indonesia, ada kepercayaan yang cukup luas bahwa mandi malam dapat menjadi pemicu rematik. Namun, sebelum percaya begitu saja, ada baiknya kita meninjau fakta-fakta yang ada terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Mandi Malam Bisa Menyebabkan Rematik Cuma Mitos

Mitos tentang Mandi Malam dan Rematik! Rematik adalah salah satu penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri. Belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik.

Rematik, juga dikenal sebagai rheumatoid arthritis, merupakan kondisi peradangan pada sendi yang disebabkan oleh autoimun.

Autoimun merujuk pada kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara tidak sengaja menyerang sel-sel sehat dalam tubuh, menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang menyakitkan di daerah yang terpengaruh.

Biasanya, rematik akan menyerang beberapa sendi sekaligus, terutama di tangan, pergelangan tangan, dan lutut.

Peradangan yang muncul di sendi yang terkena rematik dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan sendi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri kronis dan deformitas sendi.

Komplikasi rematik dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh dan menyebabkan masalah pada organ seperti paru-paru, jantung, dan mata.

Rematik lebih umum terjadi pada wanita dalam rentang usia 20-40 tahun. Risiko rematik juga meningkat seiring bertambahnya usia karena produksi cairan pelumas sendi menurun, yang menyebabkan peradangan sendi lebih mudah terjadi.  Oleh karena itu, jangan percaya bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik.

BACA JUGA:

Tak Picu Rematik, Mandi Malam Aman Dilakukan? 

Mitos tentang Mandi Malam dan Rematik memang tidak berdasar. Namun, penting untuk dicatat bahwa mandi malam, terutama dengan air dingin, tidak disarankan bagi penderita rematik.

Mega Oktaviana
Penulis
-->