7 Keuntungan Mandi Pagi dengan Air Dingin

7 Keuntungan Mandi Pagi dengan Air Dingin

7 keuntungan mandi pagi dengan air dingin, mulai dari meningkatkan energi hingga memperbaiki suasana hati.-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Beberapa orang melewatkan aktivitas ini karena air dingin di pagi hari, terutama di beberapa daerah.

Padahal, mandi pagi memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja?

Menambah Energi dan Kewaspadaan

Penggunaan air dingin dapat membuka saluran napas dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Akibatnya, detak jantung meningkat dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan dorongan energi untuk memulai aktivitas. 

BACA JUGA:

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Air membantu meningkatkan sirkulasi dengan mendorong aliran darah ke organ-organ tubuh. Kontak dengan air menyebabkan arteri bekerja lebih baik dalam memompa darah, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Merawat Kulit dan Rambut

Mandi pagi dapat membantu melembapkan dan menyegarkan pori-pori kulit kepala, mencegah penyumbatan yang dapat menyebabkan masalah kulit. Ini juga membuat kulit terasa lebih kenyal dan lembap.

Melawan Penyakit

Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Meningkatkan Suasana Hati

Mandi bukan hanya membersihkan tubuh, tetapi juga menyegarkan pikiran. Ini dapat merangsang titik-titik dalam otak yang menghasilkan zat kimia yang membantu mengurangi tingkat stres dan depresi.

Mendukung Fungsi Kognitif

Mandi pagi dapat meningkatkan fungsi otak, membantu dalam konsentrasi, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres.

Memperlancar Peredaran Darah

Mandi pagi sebelum matahari terbit memiliki manfaat dalam meningkatkan peredaran darah, seperti yang terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Blood Platelet Research Institute di Inggris.

Mandi pada saat subuh dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga tubuh terasa segar dan bugar. Peredaran darah yang lancar membantu mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas di pagi hari.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: