Kesehatan

Stop! Abis Makan Langsung Tidur, Hati-hati Terkena Penyakit Ini

fin.co.id - 13/02/2024, 11:17 WIB

\Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kamu Jika Langsung Tidur Setelah Makan, Hati-hati Terkena Penyakit Ini

FIN.CO.ID - Mulai sekarang jangan pernah abis makan langsung tidur, bisa berdampak buruk bari kesehatan tubuh.

Sebaiknya jangan tidur dalam keadaan perut kenyang karena dapat menimbulkan gejala beberapa penyakit. Selain tidur setelah makan juga dapat menurunkan kualitas tidur.

Menurut Verywell Health, berbaring atau tidur setelah makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan akibat peningkatan asam lambung  dan menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux, acid reflux, dan sakit maag.

Bagi penderita penyakit gastroesophageal reflux, para ahli menganjurkan untuk tidak tidur atau berbaring dalam waktu 3 jam setelah makan.

BACA JUGA:

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Sungadi Santoso atau biasa disapa Dr. Sung.

Lalu apa yang terjadi pada tubuhmu jika kamu langsung tidur setelah makan?

Apa dampak dan bahayanya? Dilaporkan oleh Fin.co.id di saluran YouTube SB30 Health, Dr. Sung menjelaskan bahwa tidur setelah makan membuat makanan naik.

Hal ini terjadi karena saat berbaring atau tidur, makanan di perut melawan gravitasi.

Hal inilah yang menimbulkan rasa sesak dan kembung hingga menimbulkan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD), rasa pahit di mulut bahkan sendawa.

Dr. Sung berkata perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. "Jadi pengosongan lambung  sekitar 2 jam. Ada teorinya 2 sampai 4 jam," ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan mengapa makanan bisa membuat kembung dan menyebabkan asam lambung, gastroesophageal reflux, dan maag.

“Saat makanan  masih penuh di lambung), makanan sebenarnya  tidak bisa naik ke kerongkongan atau esofagus.

BACA JUGA:

Namun, pada beberapa orang, lapisan lambung yang disebut juga dengan LES (lower esophageal sphincter) melemah. ” Kalau LES rendah, makanan mudah  naik dan menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux, mual, maag, dll.

Noerma Puspita
Penulis
-->