Kesehatan

Apa Manfaat Buah Rambutan? Baca Informasi Lengkapnya Di Sini

fin.co.id - 13/02/2024, 05:04 WIB

Apa Manfaat Buah Rambutan? Baca Informasi Lengkapnya Di Sini

Rambutan memiliki berbagai kandungan gizi.

FIN.CO.ID - Jangan makan terlalu banyak rambutan! Nanti batuk. Mungkin sebagian dari kita sudah familier dengan larangan itu. Ternyata buah dengan nama ilmiah nephelium lappaceum ini banyak manfaatnya lho.  Ini tidak terlepas dari berbagai kandungan gizi didalamnya.

Buah manis berwarna merah ini juga termasuk rendah kalori. Dimana dalam 100 gram (g) rambutan mengandung nutrisi sebagai berikut: protein: 0,9 g;  karbohidrat: 18 g; serat: 0,8-1 g; kalsium: 15 miligram (mg); fosfor: 15 mg;  zat besi: 0,5 mg; natrium: 15 mg; kalium: 110 mg; dan vitamin C: 60 mg

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak informasi berikut ini.

1. Kaya Akan Antioksidan

Rambutan merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Buah ini memiliki beberapa senyawa baik yang memiliki ciri antioksidan. Diantaranya karoten, xantofil, fenol, tanin, vitamin E, dan vitamin C. Kehadiran senyawa antioksidan ini dapat membangun pembentukan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga sel-sel dari kerusakan.

2. Menyeimbangkan Gula Darah

Jika tidak segera ditangani tentunya kadar gula darah yang tinggi akan menimbulkan efek samping yang dapat merugikan. Efek samping yang ditimbulkan seperti sering buang air kecil, berat badan cepat menurun, kerusakan pada jaringan saraf, dan berkurangnya penglihatan. Agar terhindar dari masalah itu, kamu harus menjaga pola makan yang sehat seperti menambahkan sayuran dan buah-buahan pada menu makanan.

Rambutan merupakan buah yang memiliki kandungan tinggi serat. Sehingga mengonsumsi rambutan adalah salah satu cara untuk memperlambat penyerapan gula pada aliran darah.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung seringkali datang secara tiba-tiba dan tidak memandang umur. Penyebab munculnya penyakit jantung disebabkan oleh dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan.  Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan berperan penting dalam memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Sehingga serangan jantung dapat dicegah dengan baik.

BACA JUGA :Manfaat Jamu Kunyit Asam yang Dikenal Memiliki Sejuta Khasiat untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Ini

BACA JUGA: Segudang Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Rambutan merupakan buah dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang mengalami gangguan pada fungsi ginjal ataupun ingin menghindari penyakit ginjal. Ginjal merupakan organ yang menjadi tempat proses detoksifikasi. Karena itu organ yang satu ini harus selalu dalam kondisi sehat.

Rambutan juga mempunyai kandungan fosfor yang bertugas menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat pada rambutan juga berfungsi untuk menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan maksimal.

Eko Nugros
Penulis
-->