Kesehatan

15 Cara Usir Kecoa di Rumah Paling Aman dan Mudah Diterapkan

fin.co.id - 12/02/2024, 14:57 WIB

Kecoa membawa bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit . Sumber foto: pixabay

FIN.CO.ID – Memahami cara mengusir kecoa di rumah sangat penting. Sebab binatang yang masuk kelas insecta ini bisa menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah.

Menurut World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecoa membawa bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit ringan sampat berat seperti diare, disentri, kolera, dan demam tifoid.

Berikut cara mengusir kecoa yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin 12 Februari 2024:

1. Menggunakan Baking Soda

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoa biasa lewat. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Gula akan menarik kecoa dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

2. Menggunakan Obat Kumur

Cara lain mengusir kecoa adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat.

Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama. Cara membuatnya, campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air. Kemudian semprotkan di sekitar rumah Anda.

BACA JUGA :

3. Menggunakan Kapur Barus

Kamu bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruang. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

Wangi kapur barus tidak disukai kecoa. Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan.

4. Menggunakan Daun Salam

Selain menyedapkan masakan, daun salam juga berguna sebagai pembasmi kecoa. Cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

5. Menggunakan Tanah Diatom

Eko Nugros
Penulis
-->