Kesehatan

Daftar Manfaat Jantung Pisang, No 6 Bantu Menurunkan Berat Badan

fin.co.id - 09/02/2024, 14:30 WIB

FIN.CO.ID -   Kebanyak orang sering kali membuang jantung pisang dari buahnya. Namun jantung pisang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Meskipun sering diabaikan, jantung pisang mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh.

Salah satu manfaat jantung pisang ialah dapat menurunkan berat badan, kayak akan serat, mengandung antioksidan, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa manfaat dari jantung pisang yang perlu kita ketahui yang dilansir dari berbagai sumber:

Daftar Manfaat Jantung Pisang

1. Kaya akan Serat

Jantung pisang mengandung serat pangan yang tinggi. Serat merupakan komponen penting dalam diet yang membantu mempromosikan pencernaan yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker usus.

BACA JUGA:

2. Mengandung Antioksidan

Seperti buah pisang pada umumnya, jantung pisang juga mengandung antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit kronis. Dengan mengonsumsi jantung pisang secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Sumber Kalium

Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot yang baik, dan tekanan darah yang stabil. Jantung pisang mengandung jumlah kalium yang signifikan, sehingga dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan fungsi otot yang optimal.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Dengan kandungan serat dan kaliumnya yang tinggi, jantung pisang dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Kedua hal ini merupakan faktor penting dalam mencegah penyakit jantung dan menjaga jantung tetap sehat.

5. Menyediakan Energi Tambahan

Jantung pisang mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat memberikan energi yang tahan lama, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Sebagai camilan yang sehat, jantung pisang bisa menjadi pilihan yang baik untuk memberi dorongan energi di tengah hari.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->