Kesehatan

9 Manfaat Mengonsumsi Plum, Nomor Buncit Menyuburkan Akar Rambut

fin.co.id - 09/02/2024, 18:31 WIB

Buah plum mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

FIN.CO.ID - Buah plum memiliki banyak manfaat. Ini tak lepas dari kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Antioksidan memang berguna untuk mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya.

Dilansir dari United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, buah yang populer dengan sebutan prem ini juga kaya akan sumber vitamin. Antara lain  A, C, folat, K, B1, B2, B3, B6, dan E. Juga mengandung mineral berupa kalium, florida, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng.

BACA JUGA: 

Yuk! kita simak lebih lanjut manfaat buah plum

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Plum bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan membantu mengendalikan tekanan darah karena kandungan kaliumnya.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Studi Nutrition Reviews menyebutkan jus buah plum berkhasiat meredakan sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang tinggi dalam buah.

3. Mengurangi Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari buah plum adalah mengurangi kadar gula darah. Ini karena kandungan seratnya yang membantu menekan lonjakan gula darah setelah Anda mengonsumsi karbohidrat.

Juga membantu meningkatkan produksi adiponektin yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah. Inilah sebabnya, buah ini sangat baik untuk pengidap penyakit diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ageing Research Reviews menulis hubungan antara buah plum dengan penurunan potensi gangguan tulang. Dimana, plum secara langsung dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis maupun osteopenia dengan gejala berupa penurunan kepadatan tulang. Juga mampu mengembalikan tulang ke bentuk semula.

5. Baik untuk Kulit

Kandungan nutrisi lain dalam buah plum adalah vitamin C, E, dan A. Beragam vitamin ini penting untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.  Selain itu tingginya antioksidan dapat menangkal bahaya radikal bebas pada kulit.

Eko Nugros
Penulis
-->