Kesehatan

Wajib Dicoba! 8 Manfaat Timun yang Perlu Kamu Ketahui

fin.co.id - 02/02/2024, 18:36 WIB

FIN.CO.ID - Timun, buah dengan kadar air tinggi dan rasa yang segar, sering dianggap sebagai salah satu komponen utama dalam hidangan penyegar dan salad.

Namun, selain memberikan kelezatan pada hidangan, timun juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Apa saja?

1. Hidrasi Optimal

Timun mengandung sekitar 95% air, menjadikannya buah yang sangat efektif untuk menjaga hidrasi tubuh.

Konsumsi timun membantu memenuhi kebutuhan cairan harian dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama pada hari-hari panas atau setelah aktivitas fisik.

2. Penuh Antioksidan

Timun mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan ini berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

BACA JUGA:

3. Pemeliharaan Kulit yang Sehat

Kandungan air dan nutrisi dalam timun menjadikannya bagian penting dari rutinitas perawatan kulit.

Mengonsumsi timun dapat membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam, sementara penggunaan timun secara eksternal dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan sensasi kesegaran pada kulit.

4. Menurunkan Berat Badan

Timun adalah pilihan camilan yang rendah kalori dan rendah lemak, namun tinggi serat. Serat dalam timun memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk ngemil, dan dapat menjadi pendukung dalam program penurunan berat badan.

5. Peningkatan Pencernaan

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->