Kesehatan

5 Manfaat Black Garlic yang Belum Disadari Banyak Orang, No 4 Adalah Keistimewaan Tersendiri dari Bawang Hitam

fin.co.id - 02/02/2024, 10:02 WIB

Ayo simak 5 manfaat black garlic bagi kesehatan.

FIN.CO.ID - Manfaat black garlic atau bawang hitam ternyata belum banyak diketahui banyak orang.

Padahal, manfaat black garlic sangat baik untuk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. 

Berikut ini, kami rangkum manfaat black garlic melansir dari berbagai sumber pada Jumat, 2 Februari 2024.

Sesuai namanya, Black garlic memiliki tampilan warna gelap dan mungkin terlihat tidak biasa di dapur. Namun bawang hitam memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

BACA JUGA:

Black garlic adalah hasil dari fermentasi bawang putih segar yang mengalami proses penyimpanan di suhu khusus dengan jangka waktu berbulan-bulan.

Proses tersebut lantas mengubah warna, tekstur, juga rasa bawang putih menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar bumbu dapur.

Sebuah penelitian menyebut, dalam 15 gram black garlic terdapat kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan gula.

Tak hanya itu, bawang hitam pun mengandung beragam nutrisi lainnya seperti vitamin C, B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, dan zat besi.

BACA JUGA: Obat Herbal Infeksi Saluran Kencing dr Zaidul Akbar: Salah Satunya Bawang Putih

Hal itu membuat bawang hitam bukan sekedar bumbu dapur biasa, melainkan paket nutrisi lengkap yang dapat memberikan dukungan maksimal untuk kesehatan. Dan, berikut ini sejumlah manfaat black garlic untuk kesehatan merangkum dari beberapa sumber:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Black garlic bukan hanya memberikan cita rasa lezat pada masakanmu, melainkan juga dapat memberikan perlindungan pada sistem kardiovaskularmu.

BACA JUGA: 6 Obat Herbal Diabetes ala Dokter Zaidul Akbar: Bahan-bahannya Ada di Sekitar Anda

Adanya senyawa bioaktif di dalamnya memiliki sifat antiperadangan juga antioksidan yang bisa melindungi sel-sel yang terdapat dalam sistem kardiovaskular.

Aulia Yesella
Penulis
-->