Kesehatan

Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Risiko Tidur Dekat HP

fin.co.id - 28/01/2024, 22:47 WIB

Risiko Tidur Dekat HP

FIN.CO.ID - Selalu melibatkan HP dalam aktivitasnya setiap hari, tidak sedikit orang yang membawa HP ke atas tempat tidurnya sebelum tidur malam hari.

Membawa HP ketika akan tidur, umumnya dilakukan untuk chatting-an, menonton film, mendengarkan lagu, atau bahkan masih menyelesaikan pekerjaan.

Namun taukah kamu, tidur berdekatan dengan HP semalaman sangat berbahaya dan berampak sangat buruk bagi kesehatan kedepannya.

Radiasi yang dipancarkan layar HP dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, salah satunya juga mengganggu saat kamu tidur malam hari.

BACA JUGA :

Tidak hanya itu saja, mari ketahui lebih lengkap mengenai berbagai efek berbahaya akibat tidur dekat HP bagi kesehatan yang dijabarkan dibawah ini.

1. Menyebabkan Gangguan Mata

Kebiasaan menghabiskan waktu melihat layar HP khususnya menjelang tidur, dapat menyebabkan computer vision syndrome yang ditandai dengan gejala mata lelah, penglihatan menurun.

Bermain ponsel hingga tertidur juga dapat menyebabkan degenerasi makula, bahkan bahaya tidur dekat HP dapat meningkatkan risiko kebutaan.

2. Gangguan Tidur (Insomnia)

Layar HP mayoritas memancarkan cahaya biru (bluelight) yang mirip dengan cahaya siang hari, sehingga tubuh keliru menangkap cahaya seakan situasi di sekitar masih siang.

Akibatnya, tubuh menurunkan produksi hormon melatonin (hormon yang mengatur pola tidur) dan mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur dan bangun).

BACA JUGA :

3. Nyeri Kepala dan Leher

Bila kamu sensitif terhadap gelombang RF (radio frequency) yang dipancarkan oleh HP, tentunya tidur dekat dengan HP akan nyeri kepala, pusing, hingga mual dan muntah.

Tuahta Aldo
Penulis
-->